Coba Cek Lagi! Ini 5 Tanda Keuanganmu Sedang Tidak Sehat

Kalau selama ini kamu belum bisa menabung, coba cek lagi, jangan-jangan ada tanda-tanda keuangan tidak sehat yang tidak disadari.

Semua pasti setuju kalau uang adalah hal yang penting dalam kehidupan. Karena itu, banyak orang yang berusaha menabung, agar kamu tidak kebingungan jika ada pengeluaran darurat. Kalau selama ini kamu belum bisa menabung, coba cek lagi, jangan-jangan ada tanda-tanda keuangan tidak sehat yang tidak disadari.

Nah, agar kamu terhindar dari keuangan yang tidak stabil setiap bulan, coba kenali beberapa tanda-tanda keuangan tidak sehat yang mungkin tidak kamu pahami. Dengan demikian, kamu bisa langsung ambil tindakan untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk simak ulasannya!

1. Tidak Punya Rencana Finansial

Meski terlihat sepele, namun rencana finansial itu penting lho. Sebab dengan perencanaan yang matang, maka keuanganmu akan aman dan stabil. Aliran keuangan tanpa catatan akan membuat keuanganmu amburadul dan akhirnya tidak sehat.

Orang-orang yang tidak punya rencana finansial umumnya tidak memperhitungkan pemasukan dan pengeluaran sehingga mereka membelanjakan uang tanpa berpikir. Ujung-ujungnya, uang sudah habis sebelum gajian sehingga menimbulkan utang ke sana sini.

2. Gajian Serasa Lewat Saja

Tanda Keuangan Tidak Sehat (via Lifepal)

Pernah nggak kamu mengalami gajian yang rasanya cuma lewat saja. Biasanya orang-orang yang merasakan hal demikian selalu mengalami gaji habis sebelum akhir bulan. Tentu saja hal tersebut menandakan kalau keuanganmu tidak sehat. Akibatnya, saat akhir bulan tiba kamu akan kebingungan memenuhi kebutuhan hidup yang belum terpenuhi.

3. Besar Pasak daripada Tiang

Tanda Keuangan Tidak Sehat (via Merdeka)

Kamu pernah mengalami pengeluaran lebih besar dibandingkan dengan pendapatan? Biasanya hal ini terjadi karena kamu enggan mencatat pengeluaran harian. Sehingga kamu tidak memiliki batasan berapa jumlah uang yang harus dibelanjakan.

Kamu terus saja membelanjakan uang tanpa tahu berapa uang yang sudah dihabiskan. Akibatnya uang gajian habis sebelum akhir bulan tiba. Hal ini juga biasanya merupakan dampak dari absennya perencanaan keuangan dalam keseharianmu.

4. Punya Pinjaman Berlebihan

Tanda Keuangan Tidak Sehat (via Sribuu)

Memiliki pinjaman tentu boleh-boleh saja, apalagi jika hal tersebut memang penting. Namun sebaiknya, pinjaman yang kamu miliki jangan lebih dari 25 persen dari jumlah pemasukanmu tiap bulan ya. Sebab, pinjaman yang melebihi prosentase tersebut akan membuatmu tidak bisa menabung bahkan kekurangan setiap bulannya.

5. Tidak Punya Dana Darurat

Tanda Keuangan Tidak Sehat (via Lifepal)

Seperti dikatakan sebelumnya, tidak memiliki dana darurat adalah salah satu tanda keuangan tidak sehat. Padahal tabungan atau dana darurat ini penting, dan bisa menjadi uang cadangan apabila ada keperluan darurat yang tidak disangka-sangka.

Nah, itu tadi lima tanda keuanganmu sedang tidak sehat. Jika kamu merasa mengalami kondisi di atas, segera perbaiki agar gaji kamu tidak terus-menerus numpang lewat saja. Bukankah lebih nyaman jika kamu memiliki keuangan yang sehat?

Tanda Keuangan Tidak Sehat (via Kompas)