Bebas Jerawat dan Komedo, Begini Lho Cara Mengatasi Pori-Pori Tersumbat

Pori-pori tersumbat bisa menyebabkan banyak masalah di wajah. Bagaimana cara mengatasinya?

Setelah sehari beraktivitas tentu kulit wajah akan menyimpan banyak sekali kotoran, mulai dari debu, keringat, dan sisa makeup. Kalau kamu malam tidak membersihkan wajah, maka akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Sumbatan tersebut bisa menimbulkan masalah wajah seperti komedo, jerawat, dan pori-pori membesar. Nah, kalau kamu enggak mau punya masalah wajah yang menyebalkan, yuk cari tahu bagaimana cara mengatasi pori-pori tersumbat.

1. Jangan Malas Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah adalah kunci wajah yang selalu bersih dan sehat. Maka dari itu, sebaiknya kamu mencuci muka secara rutin pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Kamu bisa menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak untuk mengangkat minyak, bekas paparan sinar matahari serta sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah. Pastikan pembersih wajah yang kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit kamu ya.

2. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Pori-pori Tersumbat (via HerStory)

Selain rutin membersihkan wajah, kamu juga harus melakukan eksfoliasi wajah setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Gunakan scrub yang cocok untuk kulit wajah kamu ya, sehingga sel kulit mati akan hilang dan pertumbuhan sel kulit baru akan lebih cepat.

3. Menggunakan Pore Strip

Pori-pori Tersumbat (via Merdeka)

Jika kamu memiliki masalah pori-pori tersumbat di area hidung, maka kamu bisa menggunakan pore strip yang diklaim bisa mengangkat minyak, kulit mati, dan kotoran di permukaan kulit yang menjadi sumber pori-pori tersumbat. Gunakan maksimal 1 kali dalam seminggu saja karena kalau terlalu sering menggunakannya maka akan membuat kulit kamu mengalami iritasi.

4. Gunakan Baking Soda Scrub

Pori-pori Tersumbat (via SehatQ)

Terakhir kamu bisa menggunakan baking soda sebagai scrub untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok teh baking soda dengan satu sendok air teh, kemudian aduk hingga menjadi pasta.

Kemudian oleskan pada wajah dengan gerakan melingkar. Setelah merata, biarkan selama 5 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan rutin setiap seminggu sekali ya agar sel kulit mati terangkat sempurna dan Ph wajah menjadi seimbang.

Nah, ternyata mudah kan mengatasi pori-pori tersumbat. Pastikan kamu melakukannya dengan benar ya, agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba.

Pori-pori Tersumbat (via Tribun Batam)