Efektif Banget, Ini 3 Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut Buncit

Jika kamu memiliki waktu olahraga yang sempit namun ingin mengecilkan perut, kamu bisa melakukan gerakan yoga untuk mengecilkan perut. Yuk simak ulasannya!

Apa ada gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit? Jika kamu memiliki waktu olahraga yang sempit namun ingin mengecilkan perut, kamu bisa melakukan gerakan yoga, yang terbukti tak hanya menenangkan pikiran namun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Selain bisa kamu lakukan dimana saja, gerakan yoga ini juga tidak memerlukan alat dan luasan area tertentu. Kamu bisa melakukannya di dalam kamar minimal 5 menit untuk repetisi tiap gerakannya. Cukup simpel dan bonusnya, kamu bisa mengecilkan perut melalui gerakan-gerakan ini. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut:

1. Bhujangasana

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut yang bisa dilakukan adalah Bhujangasana. Gerakan ini biasa disebut dengan pose kobra. Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot bagian perut sehingga tepat jika kamu ingin mengecilkan perut.

Untuk melakukannya, kamu perlu tengkurap di matras yoga atau lantai. Selanjutnya, letakkan telapak tangan di lantai tepat di samping dada. Perlahan-lahan dorong lantai dengan telapak tangan dengan mengangkat kepala serta dada ke atas. Pastikan posisi siku lurus kemudian tahan dalam posisi ini dalam 4-5 kali hembusan nafas. Kemudian turunkan badan ke lantai.

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut (via Rishikesh Ashtanga Yoga School)

2. Chaturanga Dandasana

Gerakan berikutnya adalah chaturaga dandasana atau yang biasa dikenal dengan low plank. Melalui gerakan ini kamu juga bisa mengencangkan otot bagian tubuh lain seperti betis, lengan, dan bahu.

Cara melakukannya adalah dengan tengkurap di lantai, lalu posisikan tubuh seperti akan melakukan gerakan push up. Angkat tubuh hingga hanya bertumpu pada telapak tangan dan ujung kaki. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan kaki, pantat, punggung, leher, dan kepala belakang berada dalam satu garis lurus. Tahan posisi ini selama 1 menit.

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut (via Beachbody on Demand)

3. Phalakasana

Gerakan lain yang bisa dicoba untuk mengecilkan perut adalah phalakasana alias plank. Pose ini dianggap dapat membantu mengencangkan dan melatih otot-otot perut dan mengencangkannya. 

Untuk melakukannya, posisikan tubuh seperti sedang merangkak. Lalu bawa kedua kaki lurus ke belakang dan gunakan kedua tangan sebagai penopang. Pastikan posisi badan yaitu ujung kaki hingga leher lurus, begitu juga dengan posisi lengan yang menopang. Tahan posisi ini selama 1 menit.

Itulah 3 gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Selain tidak memerlukan alat, gerakan yoga ini sangat mudah untuk dilatih sendiri di rumah. Satu-satunya yang kamu perlukan hanya niat dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Gerakan Yoga untuk Mengecilkan Perut (via The Yoga Collective)