5 Lagu Ini Berhasil Jadi Penyelamat Grup K-Pop Yang Terancam Bubar, Ada BTS Sampai WINNER

5 Lagu yang berhasil jadi penyelamat grup K-Pop dari ancaman bubar, salah satunya I NEED U dari BTS.

Menjadi grup K-Pop tentu bukan hal yang mudah. Tidak semua grup langsung sukses begitu memulai kariernya. Banyak diantara mereka yang harus berjuang keras untuk bisa tetap bertahan. Namun tak sedikit yang harus menelan pil pahit karena akhirnya mereka harus bubar sebelum tenar. 

Meski demikian, ada beberapa grup K-Pop yang terancam bubar namun berhasil terselamatkan hanya berkat satu lagu saja. Berikut ini dirangkum lagu-lagu yang berhasil menyelamatkan grup K-Pop dari pembubaran. Simak penjelasannya di bawah ini yuk!

1. INFINITE

INFINITE termasuk grup K-Pop yang sempat terancam bubar. Di tahun 2011, grup asuhan Woolim Entertainment ini mengalami kesulitan dana. Bahkan kebangkrutan yang dialami agensinya membuat sang CEO harus menjual rumah agar INFINITE bisa merilis album terakhirnya. 

Beruntungnya, lagu berjudul Be Mine yang merupakan salah satu lagu yang ada di album Over The Top berhasil menyelamatkan mereka. Bahkan lagu tersebut membawa INFINITE ke puncak kejayaan dan menjadi grup populer di generasi kedua. 

2. BTS

INFINITE (Genius)

Sebelum meraih popularitas secara global seperti sekarang, BTS juga harus berjuang menghadapi kemungkinan grupnya bubar. BTS memang dikenal sebagai grup K-Pop dengan perjalanan karier yang tidak mudah. Memulai debut di agensi kecil dengan popularitas yang minim, membuat mereka kurang diapresiasi.

BTS juga sempat terancam bubar karena masalah keuangan perusahaannya. Namun nasib mereka berubah berkat lagu I NEED U yang dirilis pada 2015. Lagu itu mengantarkan RM cs meraih kemenangan pertama di acara musik. Sejak saat itu, karier BTS terus meroket sampai menjadi grup mendunia yang kita kenal sekarang. 

3. WINNER

BTS (Tribun)

Meski bernaung di agensi besar seperti YG Entertainment, WINNER juga pernah terancam bubar setelah sempat mengalami ketidakpastian seiring dengan keluarnya salah satu member mereka, Taehyun. Terlebih, WINNER juga sempat jeda hiatus cukup lama. 

Kejadian ini pun semakin membuat fans khawatir tentang nasib mereka. Meski demikian, WINNER berhasil mematahkan anggapan tersebut usai merilis lagu Really Really. Sebab, lagu tersebut akhirnya membuat Seungyoon cs mencapai puncak ketenarannya. 

4. Oh My Girl

WINNER (Soompi)

Memulai debut di tahun 2015, siapa sangka grup berisikan tujuh gadis manis ini juga pernah terancam bubar. Ketika itu, Oh My Girl masih kurang mendapatkan perhatian dari para pencinta K-Pop. Akan tetapi, Oh My Girl berhasil mengubah nasibnya.

Hal ini terjadi setelah Oh My Girl merilis lagu Secret Garden di tahun 2018. Lagu itu juga yang membawa Oh My Girl mendapat first win dari acara musik. Setelah itu, karier Oh My Girl terus meroket sampai sekarang.

5. Dreamcatcher

Oh My Girl (Instagram)

Grup besutan Happy Face Entertainment ini juga nyaris bubar. Hal ini karena beberapa anggota Dreamcatcher berasal dari grup MINX dengan mengusung konsep girl group umum. Sehingga, mereka kurang mendapat atensi publik lantaran banyak konsep yang sama.

Meski demikian, setelah berganti konsep, mereka akhirnya menuai popularitas yang tinggi terutama di Internasional berkat lagu Chase Me yang mengusung konsep unik. Grup JiU cs ini pun diketahui sepakat untuk melanjutkan aktivitas grup dengan memperbarui kontrak dengan agensi pada November 2022.

Dreamcatcher (Wikipedia)