Hidup Jadi Penuh Berkah, Ternyata Ini 3 Manfaat Rajin Membaca Al Quran

Ternyata banyak sekali manfaat rajin membaca Al Quran yang selama tidak diketahui. Apa saja, yuk simak ulasannya!

Al Quran merupakan kitab suci umat islam yang berisi tentang perintah Allah SWT, pedoman, sejarah, hingga kisah Islam yang patut diketahui umatnya. Karena itu tidak heran kalau banyak sekali manfaat rajin membaca Al Quran.

Selaim dibaca, tentu saja sebagai umat muslim wajib mengetahui maknanya dan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Buat kamu yang masih penasaran dengan apa saja manfaat rajin membaca Al Quran, berikut ini daftarnya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menentramkan Hati

Manfaat pertama rajin membaca Al Quran adalah dapat menentramkan hati. Sebab membaca Al Quran sama halnya dengan kita mengingat Allah SWT. Karena itu tidak salah lagi kalau hati berubah menjadi lebih tentram tentram dan lebih lembut dalam menyikapi sesuatu.

Manfaat Membaca Al Quran (via Detik)

2. Dilimpahkan Pahala dan Rahmat Oleh Allah SWT

Bagi orang yang rajin membaca Al Quran, maka rahmat dan kasih sayang Allah SWT tidak akan pernah putus darinya. Bahkan dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)

Bahkan membaca Al Quran satu huruf saja sudah bernilai pahala. Maka sangatlah merugi orang-orang yang enggan membaca Al Quran.

Manfaat Membaca Al Quran (via Griya Al Qur'an)

3. Mendapat Syafaat di Akhirat Kelak

Rajin membaca Al Quran juga bisa membantu memberi pertolongan di akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“Bacalah Al-Qur'an karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Nah, itu tadi tiga manfaat rajin membaca Al Quran. Tidak perlu banyak, hal terpenting adalah rutin setiap hari agar kamu merasakan manfaatnya. Yuk maksimalkan ibadahmu di bulan Ramadan ini!

Manfaat Membaca Al Quran (via Detik)