4 Jenis Kurma yang Ada di Indonesia, Kamu Suka yang Mana?

Beberapa jenis kurma yang ada di Indonesia memang banyak diminati, bahkan habis terjual saat Ramadan. Apa saja jenisnya? Yuk intip!

Beberapa jenis kurma yang ada di Indonesia memang banyak diminati, bahkan habis terjual saat Ramadan. Tentu saja, karena kurma adalah takjil yang dianjurkan karena memiliki banyak manfaat, terutama untuk pencernaan.

Sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW, kurma tidak hanya memiliki rasa yang manis, tapi buah yang satu ini juga memiliki kandungan sukrosa yang tinggi, sehingga dapat dengan cepat diserap oleh tubuh guna menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. Lantas, kurma apa saja sih yang banyak beredar di Indonesia dan menjadi favorit kala Ramadan?

1. Kurma Sukari

Jenis kurma yang pertama adala Sukari. Kurma Sukari memiliki warna yang bervariasi, mulai dari hitam hingga coklat. Kurma dengan tekstur lembut dan dagingnya yang tebal ini menjadi favorit Rasa Saudi lho.

Jenis Kurma yang Ada di Indonesia (via Halodoc)

2. Kurma Ajwa

Jenis yang kedua adalah kurma Ajwa atau biasanya lebih dikenal dengan kurma Nabi. Kurma ini memiliki warna hitam pekat, memiliki rasa yang manis, dan teksturnya tidak lembet. Kurma Ajwa termasuk salah satu kurma yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk harganya, kurma Ajwa tergolong mahal, yakni sekitar Rp400 ribuan per kilogramnya.

Jenis Kurma yang Ada di Indonesia (via Kompas)

3. Kurma Mesir

Selanjutnya ada Kurma mesir yang harganya relatif lebih murah. Karena harganya yang terjangkau, kurma Mesir selalu menjadi incaran pembeli saat Ramadan. Harganya sekitar Rp50 ribuan saja per kilogramnya. Selain murah, kurma Mesir juga memiliki ukuran yang besar dengan rasa yang manis. Jadi nggak heran dong kalau kurma ini punya banyak peminat.

Jenis Kurma yang Ada di Indonesia (via Jowonews)

4. Kurma Tunisia

Terakhir ada Kurma Tunisia yang selalu hadir di supermarket-supermarket di Indonesia saat Ramadan.  Sebenarnya ada dua jenis kurma tunisia yang dijual, yakni kurma tunisia tangkai, dan kurma tunisia basah.

Bedanya adalah kurma tunisia tangkai buahnya masih menggantung ditangkainya, kulitnya kering, dan tidak lengket. Kalau kurma tunisia basah nampak seperti dilapisi madu dan lengket. Namun daging keduanya sama-sama empuk kok.

Nah, itu tadi beberapa jenis kurma yang ada di Indonesia dan laris manis saat Ramadan. Kalau kamu suka kurma jenis apa? Atau ada kurma favoritmu yang belum disebutkan dalam daftar di atas?

Jenis Kurma yang Ada di Indonesia (via Tokopedia)