3 Gunung Tertinggi di Jawa Timur, Mana Favoritmu?

Memiliki sekitar 181 gunung dengan ketinggian diatas 1.000 MDPL, beberapa gunung tertinggi di Jawa Timur ini ternyata menjadi favorit para pendaki.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak gunung. Setidaknya ada sekitar 181 gunung dengan ketinggian di atas 1.000 MDPL. Bahkan beberapa gunung tertinggi di Jawa Timur ini menjadi favorit para pendaki lho.

Kalau kamu termasuk orang yang hobi mendaki, kira-kira gunung apa saja nih yang menjadi favorit kamu saat pendakian? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini tiga gunung tertinggi di Jawa Timur yang keindahannya alamnya benar-benar luar biasa.

1. Gunung Semeru

Gunung tertinggi pertama di Jawa Timur adalah Gunung Semeru. Gunung yang berada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang ini memiliki tinggi sekitar 3.676 MDPL. Pemandangan yang indah membuat Gunung Semeru menjadi favorit banyak pendaki.

Ditambah lagi Danau Ranu Kumbolo yang sangat populer menambah keindahan Gunung Semeru. Bahkan seorang tokoh aktivis Indonesia Soe Hok Gie senang mendaki semeru dan meninggal di sana.

Gunung Tertinggi di Jawa Timur (via Wearemania)

2. Gunung Lawu

Selain Semeru, Gunung Lawu juga termasuk gunung tertinggi di Jawa Timur. Betapa tidak, Gunung Lawu memiliki ketinggian sekitar 3.625 mdpl, selisih sedikit dengan Gunung Semeru.

Gunung ini, termasuk gunung yang disakralkan oleh penduduk sekitar. Sebab terdapat sebuah kisah yang berkaitan dengan Prabu Brawijaya dan petilasan raja terkahir Majapahit di bagian puncak gunung tersebut.

Uniknya, meski termasuk gunung tertinggi, namun ketika mendaki Gunung Lawu kamu akan menemukan Warung Mbok Yem yang legendaris dan merupakan warung tertinggi di Puncak Gunung Lawu.

Gunung Tertinggi di Jawa Timur (via INews Jateng)

3. Gunung Raung

Terakhir ada Gunung Raung yang memiliki ketinggian sekitar 3.344 mdpl. Gunung ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang cantik, tapi juga trek pendakian yang cukup menantang.

Treknya berupa bebatuan terjal. Karena itu, gunung ini dijuluki sebagai gunung tersulit di Jawa. Buat kamu yang suka tantangan, rasanya cocok banget nih mendaki dan berpetualangt ke Gunung Raung yang ada di Jawa Timur.

Nah, itu tadi tiga gunung tertinggi di Jawa Timur. Kalau kamu sudah pernah mendaki gunung yang mana? Masing-masing lokasi tentunya menawarkan pengalaman menarik tersendiri sehingga wajib kamu kunjungi satu per satu.

Gunung Tertinggi di Jawa Timur (via Okezone News)