Sederhana Tapi Bikin Bahagia, Begini Cara Berbakti Pada Orangtua dalam Islam

Berbakti pada orangtua dalam islam hukumnya wajib karena itu merupakan salah satu bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Bagaimana caranya?

Berbakti pada orangtua dalam islam memang diajarkan, bahkan hukumnya wajib bagi setiap muslim meski orangtua tidak beragama islam. Selain kewajiban, berbakti kepada orangtua merupakan bentuk ketaatan kepada Allah Swt. Lantas bagaimana cara berbakti kepada orangtua yang benar dalam islam? Berikut ini penjelasannya.

1. Bertutur Kata yang Baik

Cara pertama berbakti kepada orangtua adalah dengan cara bertutur kata yang baik. Bahkan meski kamu sedang berselisih pendapat dengan orangtua, kamu harus menjaga tutur katamu agar tetap sopan dan lemah lembut. Ali bin Abi Thalib pernah berkata, "Janganlah engkau menggunakan kefasihan bicaramu (mendebat) di hadapan ibumu yang dahulu telah mengajarimu berbicara."

Berbakti Pada Orangtua dalam Islam (via Kompasiana)

2. Senantiasa Mendoakan Orangtua

Selain mengatur tutur kata, mendoakan orangtua adalah salah satu bentuk bakti pada mereka baik untuk orangtua yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal. Doa anak akan membahagiakan orangtua, bahkan amalan yang dibawa oleh orangtua hingga alam kubur nanti adalah doa anak-anaknya yang shaleh.

Berbakti Pada Orangtua dalam Islam (via Merdeka)

3. Memprioritaskan Orangtua

Memprioritaskan orangtua, terutama ibu dari urusan lain dan selalu berbuat baik kepadanya adalah bentuk bakti anak kepada orang tua. Rasulullah SAW bersabda, berbuat baiklah kepada ibu karena surga berada di bawah kedua telapak kakinya.

Berbakti Pada Orangtua dalam Islam (via Popbela)

4. Membuat Orangtua Bangga

Selanjutnya membuat orangtua bangga juga menjadi bentuk seorang anak berbakti pada orangtua. Dari kecil hingga dewasa, orangtua tentu mendidik anak dengan susah payah. Karena itulah, membanggakan orangtua akan membuat mereka bahagia, sekecil apapun prestasi yang kamu raih.

Berbakti Pada Orangtua dalam Islam (via IDN Times)

5. Memberi Kehidupan yang Layak

Ketika seorang anak sudah bisa mencari nafkah untuk dirinya sendiri, maka tidak ada salahnya kalau dia menunjukkan rasa baktinya dengan memberikan kehidupan yang layak bagi orangtua.

Bahkan merawat orangtua ketika mereka berada di usia senja juga termasuk bakti anak pada orangtua, sebagai balasan mereka sudah dirawat dari kecil hingga dewasa.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara berbakti pada orangtua dalam islam. Jika tidak sekarang kapan lagi? Baktinya memang sederhana, namun bagi orangtua kebahagiaannya luar biasa.

Berbakti Pada Orangtua dalam Islam (via Indozone)