4 Bahan Alami untuk Mengatasi Insomnia

Insomnia adalah kondisi yang membuat pengidapnya tidak memiliki waktu tidur yang cukup yang diperlukan tubuh. Bagaimana mengatasinya secara alami?

Insomnia atau gangguan tidur adalah kondisi yang membuat pengidapnya tidak memiliki waktu tidur yang cukup yang diperlukan tubuh. Insomnia ditandai dengan sulit tidur atau tidur yang tidak nyenyak.

Keluhan tersebut dapat memicu gejala lain seperti lelah dan mengantuk di siang hari, sulit fokus beraktivitas, kurang konsentrasi, sampai bisa menurunkan daya ingat. Sebelum efeknya bertambah parah, yuk coba bahan alami untuk mengatasi insomnia berikut ini:

1. Tisane Chamomile

Chamomile memiliki efek menenangkan sehingga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Seduhan chamomile atau biasa disebut tisane, berbeda dengan teh dari pucuk daun teh, yang mengandung kafein yang mungkin bisa menyebabkan susah tidur pada orang yang sensitif.

Tisane dibuat dari daun, bunga, dan batang chamomile kering yang kemudian diseduh dengan air panas. Bisa ditambahan madu dan perasan jeruk lemon untuk menambah rasa sekaligus meningkatkan kandungan nutrisinya.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Bahan Alami (via Dokter Sehat)

2. Susu Hangat dan Madu

Segelas susu hangat ditambah madu adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah tidur secara alami. Minuman ini membantu mengatasi insomnia karena mengandung triptofan, asam amino, dan karbohidrat yang bisa memicu tidur.

Triptofan meningkatkan jumlah serotonin yaitu hormon yang bekerja sebagai obat penenang alami di otak. Selain itu, karbohidrat yang terkandung dalam madu dapat membantu mengirimkan serotonin ke otak lebih cepat.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Bahan Alami (via Grid)

3. Jahe

Jahe mampu merangsang sistem reseptor hormon serotonin, sehingga otak akan merasakan ketenangan. Untuk mengatasi insomnia, sebelum tidur minum secangkir jahe hangat terlebih dulu.

Cara Mengatasi Insomnia dengan Bahan Alami (via Grid)

4. Selada

Daun selada dapat menjauhkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Untuk mengatasi insomnia, konsumsi secara rutin 1-2 lembar daun selada. Selain mampu menyingkirkan insomnia, selada juga bisa meredakan sakit kepala, nyeri otak, dan sakit sendi.

Itulah bahan alami untuk mengatasi insomnia. Selain asupan makanan, penting juga untuk menjaga pola hidup tetap sehat dan seimbang agar terhindar dari insomnia. Kamu juga menerapkan terapi relaksasi sebelum tidur. Selamat mencoba!

Cara Mengatasi Insomnia dengan Bahan Alami (via Kompas)