6 Cara Menghilangkan Rambut Di Wajah Dan Efek Sampingnya

Tumbuhnya rambut di wajah seringkali mengganggu, lantas bagaimana cara menghilangkan rambut di wajah dan efek sampingnya?

Tumbuhnya rambut di wajah merupakan kondisi alami yang dapat dialami siapa saja, namun seringnya rambut yang tumbuh di wajah sering kali membuat seorang wanita menjadi kurang percaya diri. Untuk menghilangkan rambut di wajah, ada beberapa cara yang dapat dicoba. Berikut adalah cara menghilangkan rambut di wajah dan efek sampingnya:

1. Mencukur

Cara pertama untuk menghilangkan rambut di wajah adalah dengan mencukur. Banyak yang beranggapan bahwa mencukur dapat membuat rambut menjadi lebih tebal, gelap, dan lebih cepat tumbuh. Padahal mencukur tidak membuat rambut menjadi lebih lebat dan tumbuh lebih cepat. Akan tetapi, membuat rambut tumbuh dengan ujung tumpul, sehingga rambut tampak lebih jelas dan kasar.

2. Mencabut

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via detikHealth)

Beberapa orang hanya memiliki sedikit sekali rambut yang jelas terlihat di wajah. Sehingga, mencabut rambut menggunakan pinset bisa menjadi pilihan. Namun, cara ini memakan waktu lebih lama dan menimbulkan rasa sakit saat rambut wajah dicabut.

3. Waxing

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via DKT Indonesia)

Waxing merupakan salah satu cara untuk menghilangkan rambut. Perawatan dilakukan dengan mengoleskan lilin atau gula ke kulit, kemudian menempelkan kain lalu mencabut melawan arah tumbuh rambut secara cepat.

Kulit wajah yang mulus setelah waxing umumnya bertahan hingga 4–8 minggu. Setelahnya, hindari produk perawatan dengan bahan kimia keras atau eksfoliasi. Hal ini untuk mencegah iritasi karena waxing akan mengangkat lapisan pelindung pertama kulit.

4. Threading

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via Beautynesia)

Prosedur threading memiliki teknik seperti waxing, yakni dengan mencabut rambut di wajah untuk efek yang lebih tahan lama daripada mencukur. Metode ini menggunakan benang untuk menghilangkan rambut halus di wajah. 

Sama seperti waxing, threading juga menimbulkan sedikit nyeri saat rambut diangkat dengan benang. Namun umumnya, rasa sakit dari prosedur threading lebih lemah dari waxing.

5. Menggunakan Epilator

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via Beauty Journal Sociolla)

Epilator berfungsi mirip pinset yang bisa mencabut rambut sampai ke akarnya. Perbedaannya dengan pinset adalah, epilator mampu mencabut banyak rambut sekaligus.

Menghilangkan rambut di wajah dengan epilator juga memberikan hasil yang tahan lama. Kamu bisa memiliki tampilan kulit wajah yang bersih dan bebas rambut setidaknya selama 4–8 minggu. Rambut yang tumbuh kembali bahkan bisa lebih lembut dan halus sehingga jadi kurang terlihat pada wajah Kamu.

Seperti waxing, penggunaan epilator juga bisa menimbulkan rasa sakit. Lebih jauh lagi penggunaan alat ini bisa menyebabkan iritasi dan infeksi pada wajah. 

6. Depilatori

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via JakartaNotebook)

Depilatori adalah penggunaan losion, krim, atau gel yang mengandung bahan kimia yang dapat merontokkan bulu di wajah. Cara ini cukup mudah dilakukan, murah, dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Meski praktis, produk ini berpotensi menimbulkan iritasi. Jika ditinggalkan terlalu lama di wajah, depilatori dapat menyebabkan luka melepuh, ruam, dan perih di wajah.

Setelah mengetahui cara menghilangkan rambut di wajah dan efek sampingnya, kira-kira kamu mau memilih cara yang mana?

Cara Menghilangkan Rambut di Wajah dan Efek Sampingnya (via PickyBest)