Setiap orang pasti membutuhkan kenyamanan dan ketenangan di mana pun, termasuk di tempat kerja. Karena itu, kamu harus tahu seperti apa ciri teman kerja yang harus dijauhi biar kamu enggak masuk ke dalam lingkungan kerja yang toxic.
Kalau kamu memiliki rekan kerja toxic, sebaiknya jangan terlalu dekat. Karena percaya atau enggak, sifat toxic mereka lambat-laun akan merugikanmu. Lantas, bagaimana ciri teman kerja yang harus dijauhi? Simak ulasannya!
1. Tukang Ngeluh
Kamu punya teman yang hobinya mengeluh? Duh, lebih baik dijauhi deh. Bekerja tentu memiliki risikonya masing-masing, mulai dari lelah fisik hingga lelah hati. Namun sebagai pribadi yang tangguh, kamu harus tetap semangat menjalani hari.
Tapi kalau kamu sering mendengar teman kamu mengeluhkan pekerjaan atau kondisi yang menimpanya, lama-lama kamu juga bisa tertular 'penyakit suka mengeluh' yang dimiliki teman kamu tadi. Lagipula, sering mengeluh juga dapat membuat suasana kerja menjadi tidak baik.
2. Tukang Ghibah
Ciri Teman Kerja yang Harus Dijauhi (via Popular World)
Memiliki teman yang suka ghibah atau bergunjing memang akan merugikan semua orang, apalagi di tempat kerja. Teman kerja yang suka bergunjung termasuk teman toxic yang akan mengganggu suasana hati kamu. Terlebih jika yang dia bicarakan bukanlah fakta, melainkan hanya fitnah belaka.
3. Tukang Perintah
Ciri Teman Kerja yang Harus Dijauhi (via Glints)
Saat mendapatkan tugas dari atasan, harusnya tugas tersebut dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Namun bagi teman kerja yang suka memerintah, mereka justru akan lebih sibuk menyuruh orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan yang harusnya dia selesaikan.
4. Tukang Lempar Kesalahan
Ciri Teman Kerja yang Harus Dijauhi (via Liputan6)
Ketika melakukan kesalahan di tempat kerja, hal yang harus dilakukan adalah mengakui dan bertanggung jawab. Namun teman yang suka menyalahkan orang lain justru sibuk mencari kambing hitam untuk disalahkan atas kesalahan yang dia perbuat.
Nah, itu tadi empat ciri teman kerja yang harus dijauhi. Kamu punya teman kerja seperti itu juga enggak di kantor? Kalau ada sebaiknya dijauhi ya, agar kamu tidak sampai menjadi korban.
Ciri Teman Kerja yang Harus Dijauhi (via IDN Times)