Bisa Bikin Rontok, Ini 5 Dampak Buruk Sering Memakai Catokan Rambut

Ternyata ada sejumlah dampak buruk memakai catokan rambut yang harus diwaspadai. Apa saja, yuk simak ulasan berikut ini!

Catokan rambut adalah salah satu alat yang biasa digunakan untuk menata rambut. Kegiatan ini tentu saja dilakukan setiap hari demi tampilan rambut yang cantik. Namun perlu diketahui bahwa ternyata ada sejumlah dampak buruk memakai catokan rambut yang harus diwaspadai.

Jangan sampai, terlalu asik mencatok rambut membuat kamu mengabaikan kesehatan rambut kamu sendiri. Lantas, apa saja sih dampak buruk sering memakai catokan rambut yang belum banyak disadari? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasanya.

1. Rambut Kering

Sering memakai catokan rambut bisa membuat rambut menjadi kering dan kusam. Hal ini disebabkan oleh udara panas yang dikeluarkan dari alat catok yang mengakibatkan lapisan rambut rusak. Jika sudah demikian, maka rambut bisa kehilangan minyak alaminya, sehingga rambut menjadi kering dan kusam.

Dampak Buruk Catokan Rambut (via Alodokter)

2. Rambut Rontok

Selain rambut kering, dampak buruk lainnya sering mencatok rambut adalah rambut menjadi rontok. Jika dibiarkan, maka bisa-bisa kamu mengalami kebotakan. Hal ini disebabkan oleh udara panas dari alat catok dan bahan kimia lainnya yang digunakan untuk meluruskan rambut dapat memberikan dampak buruk dan merusak rambut hingga ke akar-akarnya.

Dampak Buruk Catokan Rambut (via Tresemme)

3. Tekstur Rambut Berubah

Menggunakan alat catok rambut memang bisa membuat rambutmu tertata rapi, namun jika terlalu sering memakainya, maka bisa membuat tekstur rambut berubah, menjadi kasar dan kering.

Dampak Buruk Catokan Rambut (via Beautynesia)

4. Alergi

Terlalu sering menggunakan catokan rambut ternyata juga bisa bikin alergi pada kulit kepala lho. Jika dibiarkan, maka kulit kepala akan terasa gatal, bahkan bisa memunculkan penyakit lain pada kulit kepala.

Dampak Buruk Catokan Rambut (via Halodoc)

5. Merusak Akar Rambut

Dampak buruk yang terakhir adalah akar rambut bisa rusak karena terlalu sering memakai catokan rambut. Tentu saja ini akan sangat merugikan, sebab akar rambut adalah bagian paling susah untuk dipulihkan kesehatannya.

Nah, itu tadi sejumlah dampak buruk sering memakai catokan rambut yang jarang sekali disadari. Sebaiknya beri jeda pemakaian catokan rambut untuk menghindari kerusakan. Dan jangan lupa merawat rambut dengan pemberian vitamin rambut secara rutin.

Dampak Buruk Catokan Rambut (via VOI)