4 Kesamaan Konten NCT Dream Dengan GOING SEVENTEEN Yang Dituduh Plagiat, Fans Tuntut Minta Maaf

4 Kesamaan konten NCT Dream dengan SEVENTEEN yang ramai dituduh plagiat.

Konten orisinal terbaru NCT Dream bertajuk DREAM LOOP yang dirilis lewat kanal YouTube resminya, mendadak jadi perbincangan. Hal ini setelah muncul tudingan bahwa konten grup asuhan SM Entertainment itu menjiplak konten variety show milik SEVENTEEN yakni GOING SEVENTEEN. 

Meskipun konsepnya berbeda, tapi kedua konten itu sama-sama menyuguhkan usaha para member dalam mencari petunjuk untuk melarikan diri. Dalam DREAM LOOP, para member NCT Dream menyajikan cerita untuk mencari tahu apakah mereka terjebak antara mimpi dan kenyataan.

Sementara dalam konten GOING SEVENTEEN dari salah satu seri berjudul EGO yang dirilis beberapa tahun lalu tersebut, staf meminta para member SEVENTEEN untuk mencari petunjuk agar mereka bisa keluar dari rumah sakit jiwa yang terbengkalai. 

Tidak asal bicara, sejumlah fans SEVENTEEN lantas menunjukkan sejumlah kesamaan dari dua konten yang diunggah di YouTube tersebut. Mulai dari kesamaan properti hingga pakaian yang dipakai para anggota. Berikut penjelasannya.

1. Kesamaan Properti

Kesamaan pertama terlihat dari properti yang digunakan. Konten SEVENTEEN membuat alat peraga berupa mayat pasien yang diletakkan di sekitar ruangan untuk menambah kesan seram. Sementara konten NCT Dream juga memakai properti yang mirip. 

NCT Dream dan SEVENTEE - Kesamaan Properti (Koreaboo)

2. Kesamaan Petunjuk

Selain itu, sebuah petunjuk yang diterjemahkan dari bagan pasien juga serupa. Konten milik SEVENTEEN dan NCT Dream sama-sama menampilkan petunjuk dengan gambar tubuh seseorang lalu detail yang hampir sama dalam sebuah kertas.

NCT Dream dan SEVENTEEN - Kesamaan Petunjuk (Koreaboo)

3. Kesamaan Kostum

Fans lalu menyoroti baju pasien yang dipakai member NCT Dream mirip dengan member SEVENTEEN. Baju mereka sama-sama berwarna putih dengan model kerah mandarin. Selain itu, fans juga membandingkan adegan pertama saat member terbangun di sebuah kamar kosong sendirian.

NCT Dream dan SEVENTEEN - Kesamaan Kostum (Koreaboo)

4. Kesamaan Aksesoris

Di sisi lain, aksesori hitam di leher mereka juga sama. Di mana, alat itu merupakan bagian dari alat syuting biasa berupa GoPro. Kedua grup sama-sama dibekali dengan GoPro yang dibuat sebagai aksesoris kalung dan dikalungkan ke leher mereka.

Secara keseluruhan, konten NCT Dream ini terlalu mirip untuk diabaikan para penggemar SEVENTEEN. Alhasil, banyak dari mereka yang mengungkapkan kekecewaan dan menuntut permintaan maaf. Terlebih karena GOING SEVENTEEN adalah hasil kerja keras tidak hanya staf tapi juga member SEVENTEEN sendiri.

Mereka pun menilai tim konten NCT Dream seharusnya memberikan credit pada tim GOING SEVENTEEN, saking miripnya konten yang dihasilkan. Namun di sisi lain, sejumlah netizen merasa bahwa tema konten yang ditampilkan dua grup itu merupakan konsep yang cukup umum dan sudah banyak digunakan.

Sampai akhirnya, fans SEVENTEEN setuju bahwa kesalahan yang terjadi ini harus ditimpakan pada staf, bukan pada artisnya (dalam hal ini NCT Dream). Mereka pun sudah mencoba mengungkap masalah ini dengan menandai agensi masing-masing. Akan tetapi, belum ada pernyataan apapun baik dari agensi NCT Dream maupun SEVENTEEN.

NCT Dream dan SEVENTEEN - Kesamaan Aksesoris (Koreaboo)