Catat! Ini 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memesan Tiket Kereta Api

kamu wajib mencatat hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket kereta api agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan. Yuk simak ulasannya!

Traveling dengan menggunakan kereta  api memang menyenangkan, tapi kamu wajib mencatat hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket kereta api agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan.

Sebagai informasi, kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang paling banyak dilirik para penumpang. Selain karena aman dan nyaman, traveling menggunakan kereta dianggap lebih santai dan menyenangkan karena bisa melihat pemandangan di samping jendela.

Nah, agar tidak membuat kesalahan saat membeli tiket, kamu perlu memperhatikan beberapa hal penting. Ini beberapa tips yang diulas oleh laman resmi KAI untuk para calon penumpang. Apa saja?

1. Hindari Kesalahan Saat Mengisi Data

Pengisian data saat pemesanan tiket adalah hal yang sangat penting. Pastikan data diri yang kamu masukkan sudah sesuai dengan kartu identitas kamu ya. Sebab, tiket dengan nama yang berbeda dengan kartu identitas akan dianggap hangus dan tidak bisa digunakan. 

Setiap orang yang akan masuk untuk check-in akan menjalani pemeriksaan identitas untuk memastikan tidak ada penumpang gelap atau salah identitas. Nah, agar tidak rugi, sebelum tiket dicetak, pastikan data diri kamu sudah benar.

Tips Memesan Tiket Kereta Api (via Infonya Kereta Api)

2. Pesan Tiket Secara Online

Sejak beberapa tahun belakangan, tiket kereta api sudah bisa dipesan secara online melalui agen travel atau langsung melalui wesbite KAI. Jadi dari pada antre panjang dan berdesakkan, lebih baik pesan tiket kereta apik secara online saja.

Hal ini juga mengantisipasi agar kamu tidak kehabisan tiket saat musim liburan dan lebaran. Lagipula, cara ini lebih nyaman karena kamu bisa sekalian melihat harga, ketersediaan kursi, dan memilih waktu keberangkatan dengan leluasa. 

Tips Memesan Tiket Kereta Api (via Kompas)

3. Cek Detail Syarat dan Ketentuan yang Berlaku

Hal terakhir yang paling penting saat memesan tiket kereta api adalah memperhatikan detail syarat dan ketentuan yang berlaku. Jangan malas membaca ya, karena banyak informasi yang bisa kamu peroleh untuk kelancaran pemesanan tiket dan keberangkatan.

Syarat dan ketentuan tersebut bisa jadi tentang perubahan tiket, pembatalan tiket, refund, biaya tambahan, dan juga bisa tentang vaksin Covid-19. Pastikan kamu sudah melakukan vaksin Covid-19 yang digunakan sebagai syarat perjalanan jauh.

Nah, itu tadi tiga hal yang harus diperhatikan sebelum memesan tiket kereta  api. Setiap calon penumpang harus benar-benar memperhatikan hal di atas agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat melakukan perjalanan!

Tips Memesan Tiket Kereta Api (via Tribunnews)