Sedang Marak Terjadi, Begini Lho Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Melakukan langkah-langkah untuk mencegah ular masuk rumah sangat penting dilakukan, mengingat hewan ini bisa saja berbahaya. Bagaimana langkahnya?

Melakukan langkah-langkah untuk mencegah ular masuk rumah sangat penting dilakukan. Apalagi belakangan ini sering muncul di pemberitaan mengenai ular yang masuk dan bersarang di rumah. Selain menganggu kenyamanan, ular yang masuk ke rumah juga berbahaya dan bisa mencelakai penghuni rumah.

Kondisi macam ini memang tidak terduga dan bisa dipicu oleh berbagai macam sebab. Karena itu, sebelum ada yang hal yang tak diinginkan, lakukan cara-cara pencegahan seperti di bawah ini supaya mencegah ular masuk rumah. Yuk intip!

1. Bersihkan Area Rumah Secara Rutin

Cara mencegah ular masuk rumah yang pertama adalah dengan membersihkan area rumah secara rutin. Bersihkan rumah secara menyeluruh, mulai dari halaman hingga ke dalam rumah. Jadwalkan juga waktu untuk membersihkan area plafon di bawah atap rumah.

Area rumah yang kotor dan lembab menjadi tempat favorit bagi ular, karena itu dengan menjaga rumah tetap bersih dan kering dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah. Setidaknya, jika memang ada ular yang masuk, kamu bisa mendeteksi sesegera mungkin sebelum menimbulkan bahaya.

2. Pangkas Tanaman Dan Rumput yang Terlalu Rimbun

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Happyfresh)

Halaman beserta tanamannya adalah salah satu komponen penting, yang tak memberikan keindahan namun juga bisa digunakan untuk banyak hal. Meski demikian, ada potensi bahaya yang juga perlu dipertimbangkan saat memiliki halaman dengan tanaman.

Karenanya, saat membersihkan rumah, rapikan juga tanaman yang ada di halaman. Pangkas tanaman agar tidak terlalu rimbun. Tanaman yang rimbun dapat menjadi tempat ular bersarang. Karena itu, membersihkan halaman dan merapikan tanaman dapat mencegah ular masuk ke dalam rumah.

3. Tutup Lubang di Area Rumah

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Cleanipedia)

Cara selanjutnya adalah dengan menutup lubang di area rumah. Periksa ulang apakah ada tempat-tempat yang kemungkinan bisa ditinggali ular. Cek apakah ada plafon, dinding, dan bagian rumah lainnya yang berlubang. Jika ada, segera tutup sehingga ular tidak bersarang di lubang tersebut karena lorong dan tempat yang jarang dijamah orang akan menjadi lokasi ideal untuk sarang ular.

4. Jauhkan Makanan Ular

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Kompas)

Seringnya, ular masuk dan bersarang di rumah karena ada makanan ular di dalam rumah. Tikus dan burung merupakan hewan makanan ular, karena itu usahakan untuk menjauhkan hewan-hewan tersebut agar tidak ‘mengundang’ ular untuk datang ke rumah.

Jika kamu memelihara burung, usahakan menggantung sangkar di tempat yang tinggi. Sedangkan untuk tikus, usahakan untuk membasmi hama rumah yang satu ini, karena selain memancing datangnya ular, tikus juga bisa merusak perabotan yang ada di rumah.

5. Menanam Tanaman yang Tidak Disukai Ular

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Viva)

Cara selanjutnya untuk mencegah ular masuk ke rumah adalah dengan menanam tanaman yang dikenal tidak disukai ular. Sereh, jeruk, marigold, lidah mertua,dan kaktus merupakan jenis tanaman yang tidak disukai oleh ular.

Tanaman seperti sereh, marigold dan jeruk mengeluarkan bau kuat yang tidak disukai ular. Sedangkan untuk lidah mertua dan kaktus, ular tidak menyukai tekstur tanaman tersebut yang berduri dan tajam.

6. Letakan Barang dengan Aroma Menyengat 

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Berita 99)

Seperti dijelaskan sebelumnya, ular tidak menyukai aroma yang menyengat. Karena itu, menebarkan kapur barus di sudut-sudut ruangan atau maupun di ruangan yang kurang pencahayaan dapat menjadi cara efektif mencegah ular masuk ke rumah yang efektif.

Itulah 6 cara untuk mencegah ular masuk rumah. Selain melakukan upaya pencegahan di atas, kamu juga bisa mempelajari cara menangani ular agar siap menghadapi kondisi terburuk.

Cara Mencegah Ular Masuk Rumah (via Grid)