Hati-hati Buat Para Pria! Ini 7 Sifat Wanita Yang Gak Boleh Dinikahi Menurut Islam, Cuma Bikin Pusing

7 Sifat wanita yang tidak boleh dinikahi menurut Islam, mulai dari suka selingkuh hingga pemalas.

Meskipun diperbolehkan untuk empat kali menikah di dalam Islam, tapi masih banyak pria yang ingin hanya mencintai dan menikahi satu wanita yang akan menemaninya seumur hidup. Apalagi, pernikahan bukanlah mainan yang bisa dilakukan sembarangan atau diakhiri kapanpun jika sudah merasa tidak cocok.

Kewajiban menikah bagi umat Muslim pun telah dijelaskan dalam Al-Quran serta Al-hadist dan ada kaitannya dengan Sang Pencipta. Maka dari itu, demi terciptanya kebahagiaan kehidupan setelah menikah, tentunya para pria tidak boleh memilih pendamping hidupnya secara asal-asalan. 

Seorang laki-laki yang hendak menikahi wanita, setidaknya mempertimbangkan 4 kriteria, yakni agama, nasab, kecantikan dan harta. Seiring dengan itu, pria pun harus tahu beberapa sifat wanita yang tidak boleh dinikahi menurut agama. Apa saja sifat-sifat wanita tersebut? Berikut daftarnya!

1. Suka Selingkuh

Jaman sekarang, wanita main dengan lak-laki dianggal hal yang biasa. Padahal sebenarnya, pergaulan di dalam Islam punya batasan-batasan tertentu. Wanita tidak diperbolehkan bergaul secara bebas dengan laki-laki yang bukan muhrimnya. Kecuali untuk urusan-urusan penting.

Contohnya, pekerjaan, jual-beli, urusan sekolah atau hal lain yang memang tidak bisa dihindari. Tapi sekarang, banyak wanita dan pria yang bergaul tanpa alasan misalnya becanda layaknya sesama wanita, jalan berdua, gandengan tangan hingga berpelukan. 

Menikahi wanita dengan sifat seperti itu bisa membahayakan kehidupan rumah tangga loh! Bukan tidak mungkin, wanita dengan sifat seperti itu akan mudah terbawa rayuan laki-laki sampai memicu perselingkuhan. Maka dari itu, nikahilah wanita yang baik secara agama.

2. Sombong

Sombong atau berbangga diri merupakan salah satu sikap tercela dan jelas bukan sifat yang diajarkan dalam Oslam. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari menikahi wanita yang berkarakter sombong. Sebab, ucapan dari orang-orang yang sombong biasanya menyakiti hati.

3. Suka Ingat Kejelekan Orang Lain

Ilustrasi Wanita Selingkuh (Kompas)

Sifat wanita lainnya yang tidak boleh dinikahi adalah pendendam dan suka mengingat kejelekan orang lain. Wanita yang punya karakter ini cenderung melupakan kebaikan-kebaikan yang dilakukan suaminya dan hanya akan mengingat keburukannya saja. Sifat ini juga bisa menghapus harapan rumah tangga bahagia dalam Islam.

4. Boros dan Materialistis

Wanita dengan sifat boros dan matre atau materialistis juga termasuk golongan wanita yang tidak boleh dinikahi dalam Islam. Sebab, wanita dengan karakter ini bisa merugikan suami dan menghancurkan perekonomian keluarga. Selain itu, sifat boros atau menghambur-hamburkan uang juga merupakan sifat yang dibenci Allah.

5. Pemalas

Ilustrasi Wanita Suka Bicara Kejelekan Orang (Pikiran Rakyat)

 

Wanita pemalas juga tidak boleh dinikahi. Pada dasarnya laki-laki menikah dengan tujuan agar ada seseorang yang merawat dirinya bukan sekedar menemani. Maka menikahi wanita pemalas seakan tidak ada artinya. Pekerjaan rumah bisa terbengkalai dan tanggung jawab pada anak-anak pun bisa saja tidak dilakukan.

6. Suka Mengeluh

Para pria juga sebaiknya tidak menikahi wanita yang suka mengeluh. Misalnya, wanita yang diberi uang sedikit mengeluh, ditimpa musibah mengeluh, setiap saat mengeluh. Bisa dibayangkan, kalau menikahi wanita yang suka mengeluh maka suasana rumah bakal terasa sumpek dan suami akan selalu dibuat pusing. 

Sifat ini tentu tidak diperbolehkan dalam Islam dan bisa memicu konflik dalam keluarga. Sebagai manusia, kita diwajibkan untuk bersyukur atas apa yang diterimanya. Jadi kalau mengalami musibah, tugas kita bukan mengeluh melainkan harus bersabar dan ikhlas.

7. Terlalu Cemburu

Ilustrasi Wanita Pemalas (IDN Times)

Banyak orang yang bilang cemburu tanda cinta. Tapi yang perlu diketahui, cemburu berlebihan justru tidak baik dan bisa memicu pertikaian. Bahkan, terlalu cemburu juga bisa menghancurkan bahtera rumah tangga. Maka dari itu, sebaiknya jangan menikahi wanita yang terlalu posesif dan pencemburu. Semoga para pria lebih hati-hati lagi dalam memilih wanita ya!

Ilustrasi Wanita Cemburuan (theAsianparent)