5 Cara Jualan di Instagram yang Efektif dan Mendatangkan Cuan

Jika jualan di Instagram dan ingin bisnismu mendatangkan cuan, kamu tentu perlu mempelajari beberapa cara agar bisnis yang kamu lakukan berhasil. Yuk simak triknya!

Jika jualan di Instagram dan ingin bisnismu mendatangkan cuan, kamu tentu perlu mempelajari beberapa cara agar bisnis yang kamu lakukan berhasil. Di Instagram yang merupakan platform yang menonjolkan visual, kamu harus membuat materi foto dan video yang menarik.

Selain itu, agar bisnismu semakin mudah dikenali, kamu bisa membuat akun Instagram bisnis agar dapat memanfaat berbagai fitur untuk mendukung bisnismu. Ingin tahu cara lainnya untuk memanfaatkan Instagram sebagai ladang bisnismu? Simak informasi berikut ini:

1. Buat Akun Khusus

Cara pertama untuk jualan di Instagram adalah dengan membuat akun khusus. Jika ingin serius berjualan di Instagram, lebih baik jangan gabungkan akun pribadi dengan akun usahamu. Agar bisnismu makin berkembang di Instagram, sebaiknya kamu bembuat akun bisnis Instagram terlebih dahulu.

Akun bisnis dan akun pribadi di Instagram memiliki beberapa perbedaan. Dalam akun bisnis, terdapat beberapa fitur yang tidak ada di akun pengguna biasa seperti fitur instagram shopping yang dapat membuat daftar produk, memberi tag pada produk di feed atau story, dan menautkan link ke website bagi calon pembeli.

Selain itu, ada fitur Iklan Instagram, yang dapat menjangkau calon pembeli dari seluruh dunia. Selain itu ada juga fitur tombol tindakan, serta informasi bio yang lebih lengkap. Memulai usaha dengan professional akan membuatmu lebih mudah meyakinkan pembeli, bukan?

Cara Jualan di Instagram (via Qiscus)

2. Buat Akun Terlihat Menarik dan Meyakinkan

Saat memulai usaha, buatlaha nama yang menggambarkan bisnismu. Setelah itu buat branding yang menarik, mulai dari logo, kata-kata singkat yang menjelaskan usaha kamu hingga foto profil yang akan kamu pasang di Instagram.

Selain itu, cantumkan informasi yang lengkap di bio. Tulis lokasi toko, jam operasional, hingga akun-akun online shop yang tersambung pada akun Instagram milikmu. Setelah itu barulah rencanakan tampilan feed semenarik mungkin.

Kamu bisa membuat background beberapa feed tersambung (grid) sehingga beberapa postingan seperti sebuah kesatuan. Metode ini bukan hanya membuat feed lebih menarik, namun juga mendorong user untuk membuka lebih dari satu postingan dalam satu grid.

Cara Jualan di Instagram (via IDN Times)

3. Posting Foto dan Video Profesional

Cara jualan di Instagram berikutnya adalah dengan memposting foto dan video yang tampak profesional. Pada dasarnya, Instagram adalah platform yang lebih menonjolkan aspek visual. Terlihat dari tampilan feed saat kamu masuk ke halaman utama sebuah akun. Karena itu, kamu perlu mengambil gambar dan video yang bagus agar calon pembeli tertarik dan menjelajah akunmu lebih jauh.

Cara Jualan di Instagram (via Gizmologi)

4. Sajikan Caption yang Menarik

Setelah selesai dengan materi foto dan viedo yang tampak profesional, sekarang saatnya beralih ke bagian caption. Caption atau keterangan foto dapat memberi dampak pada calon pembeli. Jelaskan produkmu dalam foto atau video menggunakan kata-kata yang persuasif dan menarik. Untuk lebih memudahkan, kamu bisa membuat rencana dan konsep terlebih dahulu sebelum di upload.

Cara Jualan di Instagram (via Alona)

5. Gunakan Fitur Belanja di Feed

Cara selanjutnya adalah menggunakan fitur belanja di feed. Fitur ini akan menampilkan harga dan spesifikasi produk. Selain itu, fitur ini juga bisa memberi tag produk sehingga bisa mengarahkan calon pembeli ke toko online milikmu.

ngan fitur belanja ini, akan lebih memudahkan calon pembeli untuk melihat semua detail barang setelah melihat fotonya. Jika calon pembeli merasa dimudahkan dalam membeli sesuatu, tentunya itu akan membawa keuntungan bagi bisnismu, kan?

Itulah 5 cara jualan di Instagram yang bisa kamu praktekkan. Cobalah terapkan untuk usaha yang sedang kamu geluti, dan lihat seberapa besar pengaruhnya untuk kesuksesan penjualan. Semoga bermanfaat, ya!

Cara Jualan di Instagram (via Afrizatul)