4 Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang yang Terkenal Selain Lumpia

Ada enggak sih oleh-oleh kuliner kota Semarang selain lumpia? Untuk yang sedang berkunjung ke kota ini, yuk simak rekomendasi berikut ini!

Ada enggak sih oleh-oleh kuliner kota Semarang selain lumpia? Perlu diketahui bahwa Kota Semarang terkenal akan berbagai makanan yang mengundang selera, seperti lumpia. Namun ternyata, masih banyak kuliner khas kota ini yang populer yang bisa dibawa pulang usai berkunjung. Kira-kira apa saja? Yuk simak beberapa rekomendasi berikut ini!

1. Tahu Baxo Bu Pudji

Rekomendasi kuliner Semarang pertama yang bisa kamu dapatkan di pusat oleh-oleh Kota Lumpia adalah tahu baxo. Tahu baxo adalah kuliner khas Semarang yang dibuat dari campuran bakso yang dimasukkan ke dalam tahu. Oleh-oleh ini sangat populer dan banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

Tahu baxo pertama kali dipopulerkan oleh Bu Pudji yang memulai usahanya pada tahun 1995. Tahu Baxo ini banyak dijumpai di toko buah tangan, terutama di Jalan Pandanaran, Kota Semarang. Jika sedang berkunjunga jangan lupa mampir ya!

Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang Selain Lumpia (via Solopos)

2. Wingko Babad Cap Kereta Api

Selain Tahu Baxo, ada wingko babad yang menjadi salah satu kuliner khas Semarang. Wingko Babad yang paling terkenal untuk dijadikan oleh-oleh adalah Wingko Babad Cap Kereta Api. Pastinya banyak dari kalian yang sudah pernah mendengar namanya kan?

Lokasinya juga dekat dengan Stasiun Tawang Semarang karena hanya membutuhkan waktu sekitar 7 - 10 menit saja untuk sampai ke pusat oleh-oleh Semarang ini. Banyak pilihan rasa wingko yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh mulai dari original, keju, cokelat hingga durian.

Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang Selain Lumpia (via Tribunnews)

3. Bandeng Juwana

Bagi kamu penggemar ikan, jangan lupa untuk membawa pulang oleh-oleh Bandeng Juwana. Bandeng Juwana adalah olahan ikan bandeng khas Semarang. Kamu bisa membawa pulang aneka olahan bandeng seperti bandeng presto atau duri lunak, bandeng asap dan otak-otak bandeng. Olahan bandeng ini bisa kamu beli di pusat oleh-oleh Semarang.

Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang Selain Lumpia (via CNN)

4. Moaci Gemini

Jika kamu penyuka jajanan, kamu wajib membawa oleh-oleh Moachi Gemini, yaitu mochi khas Semarang. Jajanan ini sangat populer sebagai oleh-oleh karena teksturnya yang kenyal dengan beragam isian mulai dari kacang tanah, kacang hijau, keju hingga cokelat. Berbeda dengan mochi dari Jepang, mochi Semarang ini memiliki keunikan, yaitu bagian luarnya yang dilapisi dengan biji wijen sangrai sehingga aromanya sangat wangi.

Itulah 4 oleh-oleh Semarang yang terkenal selain lumpia. Semua makanan di atas pasti akan membuatmu ketagihan dan ingin kembali lagi ke Semarang. Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya buah tangan yang mengesankan setelah kembali ke daerah asal.

Oleh-Oleh Kuliner Kota Semarang Selain Lumpia (via Republika)