Kenapa Wajah Bisa Bruntusan? Ternyata Ini yang Terjadi pada Kulitmu!

Penyebab kulit bruntusan pun bisa dari berbagai faktor. Karena itu, kamu harus merawat wajah dengan baik untuk mencegah bruntusan.

Selain jerawat, masalah kulit wajah lainnya yang sering muncul adalah bruntusan. Penyebab kulit bruntusan pun bisa dari berbagai faktor. Karena itu, kamu harus merawat wajah dengan baik untuk mencegah bruntusan.

Bruntusan tentu saja akan sedikit mengganggu penampilang, sebab wajah yang bruntusan biasanya ditandai dengan tekstur kulit yang kasar, bintik-bintik kecil di sekitar pipi, dagu, serta dahi, dan juga kulit wajah yang merah dan mengelupas.

Nah, untuk mencegahnya, kamu tidak cukup hanya mengandalkan skincare. Yuk kenali terlebih dahulu apa saja penyebab wajah bruntusan yang harus dihindari agar masalah ini tidak terus muncul! Berikut ulasannya seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Komedo

Penyebab pertama wajah bruntusan adalah munculnya komedo, baik komedo putih dan komedo hitam. Komedo sendiri muncul karena adanya pori-pori kulit yang tersumbat minyak dan sel kulit mati. Jika komedo berkumpul dan tidak kunjung dibersihkan, maka akan muncul breakout yang membuat kulit seperti memiliki banyak benjolan super kecil.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan (via Alodokter)

2. Jerawat

Selain komedo, jerawat ternyata juga menjadi penyebab utama wajah bruntusan. Kondisi ini biasanya terjadi saat pori-pori kulit tersumbat dan terinfeksi oleh bakteri. Bruntusan yang disebabkan oleh jerawat biasanya berbentuk benjolan kecil yang meradang.

Penyebab jerawat sendiri sangat beragam, mulai dari permukaan kulit yang kotor karena keringat dan sisa makeup, maupun karena penggunaan produk yang salah. Karenanya, jika muncul jerawat segera atasi dengan bahan anti peradangan agar tidak berkembang menjadi bruntusan.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan (via Alodokter)

3. Milia

Sudah tahu belum apa itu milia? Sebagai informasi, milia merupakan jenis kista yang tidak berbahaya yang bentuknya mirip dengan komedo putih. Bruntusan yang disebabkan oleh milia ini biasanya muncul pada area dekat mata, pipi, dan hidung. Jika menemukan milia di area wajah atau bagian kulit lainnya, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan (via Halodoc)

4. Alergi

Selanjutnya, bruntusan juga bisa muncul karena reaksi alergi dari makanan atau minuman, makeup, dan juga produk skincare. Ketika kulit terpapar sumber alergi tersebut, maka seketika bruntusan tersebut muncul.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan (via Popmama)

5. Eksim

Pernah mendengar tentang penyakit eksim? Eksim ternyata juga bisa menjadi penyebab kulit wajah bruntusan. Eksim ini muncul berbentuk benjolan kecil dan biasanya menyebabkan kerak atau sisik kulit.

Nah, itu tadi lima penyebab kulit wajah bruntusan yang harus dihindari. Maka dari itu, jangan malas untuk merawat wajah dan pilih produk perawatan wajah yang tepat agar tidak menimbulkan bruntusan.

Penyebab Kulit Wajah Bruntusan (via Klikdokter)