Seger Sih, Tapi 4 Bahaya Minum Es Teh Manis Ini Wajib Diwaspadai

Tahu nggak sih ternyata ada bahaya es teh manis yang tersembunyi di balik kesegarannya? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Siapa sih yang nggak suka es teh ? Minuman manis, dingin, nan menyegarkan ini memang selalu sukses melegakan dahaga. Hampir setiap tempat makan menyediakan es teh, tapi tahu nggak sih ternyata ada bahaya es teh manis yang tersembunyi di balik kesegarannya.

Sebagai informasi, seperti dikutip dari laman Halodoc, dalam satu galon es teh biasanya mengandung kurang lebih satu cangkir gula. Itu berarti, ada sekitar 25 gram gula dalam setiap gelas es teh manis. Lantas, apa saja manfaat es teh manis yang bisa mengancam kesehatan dan wajib diwaspadai?

1. Penyebab Gagal Ginjal

Kandungan asam oksalat yang tinggi dalam es teh, jika menumpuk di ginjal, maka akan mengganggu ginjal mengeluarkan kotoran dari darah. Dan ini bisa menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

Bahaya Minum Es Teh Manis (via CNN)

2. Berisiko Diabetes

Selain penyebab gagal ginjal, terlalu sering minum es teh manis ternyata juga bisa menjadi penyebab meningkatnya risiko diabetes. Hal ini disebabkan dalam satu gelas es teha manis, kemungkinan mengandung 33 gram gula atau lebih. Jika ingin minum es teh manis yang aman, kamu bisa membuatnya sendiri dengan takaran gula yang aman.

Bahaya Minum Es Teh Manis (via Halodoc)

3. Obesitas

Selanjutnya es teh manis juga bisa menyebabkan obesitas. Sebab dalam satu gelas es teh manis, setidaknya ada 250 kalori yang jika sering diminum maka seseorang bisa kesulitan menurunkan berat badan, dan lebih buruknya adalah mengalami obesitas.

Bahaya Minum Es Teh Manis (via Kompas)

4. Pemicu Stroke

Meski terlihat sepele, ternyata es teh bisa menjadi pemicu stroke. Hal ini disebabkan kandungan gula dalam es teha manis memicu kadar trigliserida jadi lebih tinggi. Kondisi inilah yang memicu terjadinya stroke.

Nah, itu tadi beberapa bahaya minum es teh  manis yang harus diwaspadai. Sesekali tidak apa-apa mengonsumsi es teh manis, tapi jangan setiap hari ya! Ingat bahwa kesehatanmu lebih penting dari apapun.

Bahaya Minum Es Teh Manis (via Ciputra Hospital)