Alternatif Destinasi Wisata Sejarah di Gaziantep Turki Pasca Dihantam Gempa, Enggak Kalah Keren!

Masih ada kok destinasi wisata sejarah di Gaziantep Turki yang bisa kamu kunjungi walau kawasan ini baru saja dihantam gempa besar. Apa saja?

Di mana lagi destinasi wisata di Gaziantep Turki pasca kawasan ini luluh lantak oleh gempa bumi beberapa waktu lalu? Pasalnya, Kota Gaziantep yang berada di Turkiye  ini merupakan salah satu kota tertua di dunia yang memiliki banyak destinasi wisata sejarah. 

Kota Gaziantep diperkirakan telah ada dan dihuni sejak tahun 3650 SM. Terletak di Turkiye selatan dekat perbatasan Suriah, kota ini memiliki sejarah yang kaya dimulai dari masa pemerintahan Bangsa Hittite dan Romawi. 

Namun kabar baiknya, selain Kastil Gaziantep yang terkenal, masih banyak destinasi wisata sejarah lainnya di Gaziantep, mulai dari museum mozaik terbesar hingga historical Antep houses. Karena itu sangat tepat jika ingin melihat sejarah lebih jauh ke belakang saat berada di Gaziantep melalui destinasi wisata berikut ini:

1. Museum Mozaik Zeugma

Destinasi wisata pertama adalah Museum Mozaik Zeugma yang disebut sebagai museum mozaik terbesar di dunia. Museum ini dibuka untuk umum pada 9 September 2011. Di dalam museum ini, terdapat sebuah koleksi mozaik berukuran besar 1.700 m² yang dibangun di atas lahan museum yang berukuran 30.000 m². 

Koleksi Museum Mosaik Zeugma meliputi 2.448 m² mosaik dari zaman Romawi, lukisan dinding seluas 140 m², 4 air mancur Romawi, 20 kolom, 4 patung batu kapur, patung perunggu Mars, prasasti makam, sarkofagus, dan fragmen arsitektur.

Destinasi Wisata Sejarah di Gaziantep Turki (via Memphis Tour)

2. Museum Kuliner Emine Gogus

Selanjutnya kamu bisa mengunjungi Museum Kuliner Emine Gogus berada di dekat pinggiran Kastil Gaziantep. Turkiye dikenal dengan kuliner khasnya yang mengundang selera, kudapan khas turkiye seperti baklava bahkan terkenal di dunia, karena itu museum ini dibangun dengan tujuan awal untuk menyajikan berbagai hidangan khas serta menggambarkan masakan Gaziantep dari masa lalu. 

Karena itu, di museum ini terdapat ilustrasi dengan manekin berpakaian tradisional. Ada pula cara memasak dan menyiapkan Yuvalama, sejenis makanan tradisional, dan Mira yang merupakan kopi tradisional setempat. Selain itu, museum ini juga memamerkan berbagai peralatan dapur yang dipajang di etalase khusus. Wah, cocok banget dikunjungi oleh para chef dan pecinta hobi memasak.

Destinasi Wisata Sejarah di Gaziantep Turki (via IDN Times)

3. Museum Arkeologi Gaziantep

Destinasi wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Museum Arkeologi Gaziantep. Di sini kamu bisa menyaksikan pameran tentang Peradaban Anatolia, Zaman Besi, Era Persia, dan perhiasan dari Kerajaan Commagene. Siapapun akan terpesona melihat peradaban manusia zaman dulu di sini.

Di bagian lantai dasar museum juga menyimpan temuan penting dari periode Hellenistik dan Romawi Gaziantep, pahatan batu kapur, prasasti makam, dan ruang pemakaman keluarga Romawi. Selain itu, ada juga temuan yang berasal dari periode Islam dan Ottoman di Gaziantep.

Destinasi Wisata Sejarah di Gaziantep Turki (via Trip Advisor)

4. Old Streets and Restores Historical Antep Houses

Lalu kamu bisa menyusuri old street yang memiliki rumah Antep yang bersejarah. Rumah ini adalah rumah tradisional Antep nama lain Kota Gaziantep. Gaya arsitektur bangunan ini didominasi oleh konsep inner court. Bisa banget dikunjungi saat kamu sedang membutuhkan inspirasi untuk membangun hunian unik.

Bangunan ini dibuat menggunakan batu havara (batu kapur lunak), batu benjolan, keymih (batu kapur keras), batu menara, basal (batu hitam), marmer putih, marmer merah dan berbagai batu berwarna yang dikumpulkan dari alam Gaziantep. Selain membuat rumah tahan lama, ciri lain dari jenis batu yang digunakan adalah membuatnya tetap sejuk di musim panas dan hangat di musim dingin. 

Itulah beberapa destinasi wisata sejarah di Gaziantep Turki selain Kastil Gaziantep  yang terkenal. Setiap sudut kota ini memang menyimpan hal luar biasa sehingga cocok menjadi tujuan wisata untuk edukasi. Semoga bisa menjadi referensi liburanmu.

Destinasi Wisata Sejarah di Gaziantep Turki (via TR Dergisi)