Mengenal Perbedaan Aerobik dan Anaerobik, Latihan Mana yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan?

Mengenal Perbedaan Aerobik dan Anaerobik, Latihan Mana yang Bagus untuk Menurunkan Berat Badan?

'Aerobik' dan 'anaerobik' adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana sel-sel di dalam tubuh menghasilkan energi dan mengacu pada sistem energi. 

Setiap gerakan yang kita lakukan membutuhkan energi untuk tercipta dan ada tiga cara utama yang dilakukan, yang pertama dengan oksigen dan yang kedua tanpa oksigen.

Aerobik berarti 'dengan udara', mengacu pada tubuh yang menghasilkan energi dengan menggunakan oksigen. Ini biasanya melibatkan latihan apa pun yang berlangsung lebih dari dua menit. Latihan 'steady state' terus menerus dilakukan secara aerobik.

Anaerobik berarti 'tanpa udara'. Mengacu pada tubuh yang menghasilkan energi tanpa oksigen. Ini biasanya latihan yang dilakukan pada intensitas yang lebih tinggi dan menggunakan cadangan energi atau pembakaran gula dalam tubuh.

Macam-macam olahraga (perpustakaan.id)

# Apa Gunanya Latihan Aerobik dan Anaerobik?

Latihan aerobik bagus untuk membangun ketahanan dan meningkatkan fungsi kardiovaskular dan pernapasanmu. Dengan latihan ini, jantung dan paru-parumu akan menjadi lebih kuat dan lebih efisien, memungkinkanmu untuk berlatih lebih keras dan lebih lama saat tingkat kebugaranmu meningkat.

Beberapa latihan aerobik yang bisa kamu lakukan misalnya: lari, jalan cepat, berenang, dansa, dan bersepeda.

Sementara itu, latihan anaerobik dilakukan dengan intensitas yang lebih keras daripada latihan aerobik, biasanya antara 80 - 90% dari detak jantung maksimummu dan merupakan cara yang fantastis untuk meningkatkan tingkat kebugaranmu setelah tingkat kebugaran dasar aerobik tercapai.

Beberapa olahraga anaerobik yang bisa kamu lakukan misalnya: angkat beban atau berbagai latihan di gym.

Olahraga yang termasuk aerobik (stikesbanyuwangi.ac.id)

Bahan bakar utama yang digunakan untuk menghasilkan energi ketika melakukan anaerobik adalah gula dalam otot atau glikogen.

Dengan melakukan olahraga anaerobik kalori yang terbakar bisa lebih banyak. Selain itu olahraga ini bermanfaat juga melatih kekuatan otot dan tulang serta menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Meski begitu, kamu juga bisa tetap efektif menurunkan berat badan dengan olahraga aerobik, asal itu kamu lakukan rutin setiap hari selama setidaknya 30 menit sekali sesi.

Salah satu latihan anaerobik (idntimes.com)