7 Jenis-jenis Pasta Terpopuler Di Indonesia Yang Perlu Diketahui Pecinta Kuliner, Ada Favoritmu Gak?

7 Jenis-jenis pasta terpopuler mulai dari spagethi hingga farfalle.

Jenis-jenis pasta sangatlah beragam mulai dari bentuk dan ukurannya. Di negara asalnya yakni Italia, ada lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahunnya tercipta bentuk pasta yang baru. Pasta juga termasuk menu populer yang praktis dan mudah disajikan. 

Istilah pasta sendiri berasal dari Bahasa Italia yakni 'Pasta Alimentare' yang artinya 'adonan bahan makanan'. Dalam arti yang lebih luas, 'pasta' juga memiliki arti 'semua adonan seperti cake, roti, ataupun pastry'. Pasta terbuat dari tepung terigu, telur, olive oil dan garam.

Bahan-bahan itu kemudian dicampur dan dibentuk menjadi berbagai variasi bentuk dan ukuran. Selain itu, pasta sendiri dijadikan sebagai hidangan setelah dimasak dengan cara direbus. Penasaran gak sih, jenis-jenis pasta apa saja yang populer di Indonesia? Simak penjelasan berikut yuk!

Spaghetti

Buat hampir semua orang Indonesia, spaghetti tentunya sudah familiar. Jenis pasta satu ini memang sangat populer dan jadi favorit. Dalam Bahasa Italia, spaghetti berarti 'tali' atau 'kecil'. Ada beberapa variasi spaghetti atau Spaghetti, diantaranya spaghetti alla chitarra, spaghettini, dan spaghettoni.

Pada dasarnya, bentuknya sama-sama lurus memanjang hanya ukuran ketebalannya yang sedikit berbeda. Spaghetti sendiri merupakan makanan seperti mie yang berbentuk panjang dan dimasak tidak terlalu mentah dan juga tidak terlalu matang. Kemudian disajikan dengan saus khas.

Jenis Pasta - Spaghetti (Liputan6)

Macaroni

Macaroni juga termasuk salah satu jenis pasta yang sangat terkenal di dunia. Macaroni ini bisa berbentuk lurus ataupun melengkung dengan ciri khas punya lubang di bagian tengah kedua sisinya. Banyak sekali olahan makanan dari macaroni. Pasta ini umumnya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju seperti macaroni schotel, mac n cheese atau dijadikan isian sup atau diberi saus bolognese.

Jenis Pasta - Macaroni (Kompas)

Linguine

Dalam Bahasa Italia, Linguine memiliki arti 'lidah kecil', dimana bentuknya elips dan lebarnya hanya sekitar 4 mm. Linguine sendiri bentuknya lebih lebar dan lebih rata dari spaghetti, tapi tidak selebar fettucine. Nama dan variasi lain linguine adalah bavettine, bavette fini, radichini, trenette dan linguettine. Linguine umumnya, disajikan dengan bumbu pesto ataupun seafood.

Jenis Pasta - Linguine (La Cuciana Italiana)

Fettuccine

Fettuccine mirip seperti spaghetti dan linguine yang punya bentuk panjang. Cuma bedanya, fettuccine berukuran lebih lebar dari linguine dengan permukaan rata atau pipih. Sekilas bentuknya mirip seperti kwetiauw. Dalam bahasa Italia, fettuccine berarti 'pita kecil'.

Fettuccine merupakan salah satu jenis pasta yang cukup populer di kalangan masyarakat Romawi. Jenis pasta yang satu ini biasanya akan dihidangkan bersama dengan saus tomat dengan taburan daging ataupun carbonara. Ada banyak variasi dan nama lain fettuccine diantaranya lasagnette, fettucce, ramicce, dan sagne.

Jenis Pasta - Fettuccine (Yummly)

Penne

Penne berasal dari Bahasa Latin yakni penna yang artinya 'bulu' atau 'pena'. Penne adalah salah satu jenis pasta yang bentuknya seperti pena, yakni mirip tabung berukuran kecil dan dipotong diagonal. Penne ini sangat cocok untuk disajikan dengan berbagai macam saus, mulai dari krim, daging ataupun donat.

Jenis Pasta - Penne (Okezone)

Fusilli

Jenis pasta satu ini sudah banyak diperjualbelikan di Indonesia dan mudah ditemukan di pasaran. Fusilli merupakan pasta pendek dengan bentuk mirip pembuka botol, tetapi punya spiral yang lebih rapat. Fusilli juga sering disebut menyerupai mata air.

Biasanya pasta jenis fusilli banyak diolah dengan saus krim menjadi fusilli carbonara, fusilli saus tomat atau fusilli saus keju. Tapi tak jarang, di Indonesia pasta jenis fusilli dimanfaatkan untuk tambahan dalam sup sebagai karbohidratnya ataupun digoreng dengan taburan serbuk cabai.

Jenis Pasta - Fusilli (Fimela)

Farfalle

Nama Farfalle berasal dari Bahasa Italia yang punya 'kupu-kupu'. Ini karena pasta cantik ini biasanya berbentuk seperti kupu-kupu. Maka dari itu, jenis pasta ini sering disebut dengan kupu-kupu pasta. Farfalle bisa disajikan dengan semua jenis saus, namun yang paling cocok yaitu dengan saus krim dan juga saus tomat.

Jenis Pasta - Farfalle (Food Network)