Pada Sering Pake E-mail Kan? Ini Lho Fakta-Fakta Menariknya

Dulu, orang-orang ngirim pesan pake pos. Nungguinnya lamaaa.... Sekarang, orang udah pake e-mail biar lebih cepat. Kalian pada pake e-mail kan?

E-mail adalah kependekan dari electronik mail. Itu berarti surat elektronik atau surel dalam bahasa Indonesia. Nah, kalian berkirim pesan pake e-mail gak sih?

E-mail sendiri udah mulai digunakan sejak thun 1990-an. Namun belakangan, e-mail jarang digunakan para penggunanya. Sekarang, orang-orang beralih ke aplikasi chatting atau seabreg fungsi dari media sosial.

Meski begitu, e-mail tetep dipake kok. Apalagi buat menerima pesan yang sifatnya formal, atau perihal lain yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar tuh. Ya kan?!

Kalo kalian sekarang masih pake e-mail buat berkirim pesan, bagus deh. Dan biar sekalian tau nih, ini lho fakta-fakta tentang e-mail yang dikutip dari Mashable via Techno.id.

1. Pesan pertama yan dikirim lewat e-mail

Ray Tomlinson, seorang ilmuwan komputer di MIT adalah orang pertama yang diberi kesempatan untuk menjajal teknologi berkirim surat elektronik ini.

Dalam kesempatan itu, Tomlinson mengirim pesan berupa ungkapan dan harapannya agar kelak e-mail bisa kian berkembang. Tomlinson sendiri lupa apa yang dia tulis saat itu.

Yang pasti, dia menuliskan beberapa kata seperti "testing123" atau "QWERTYUIOP". E-mail itu dikirim dari dua komputer yang saling terhubung.

Ini orangnya, Ray Tomlinson... (tecnofanatico.com)

2. Password e-mail paling banyak

Halaman utama sebelum berkirim e-mail, kita kan diminta log-in dulu tuh. Nah, ternyata, password yang paling sering digunakan para pengguna e-mail adalah... "123456".

Kata kunci ini disebut-sebut yang paling populer pada tahun 2009. Hal ini didapat dari sekitar 10.000 password Hotmail yang terekspos secara online.

Password "123456" juga menempati peringkat teratas kata kunci yang diretas Gawker. Kalo password kalian masih begini, coba ganti dengan kombinasi yang agak rumit tapi bisa kalian inget deh.

Ini dia deretan password lainnya (androidcommunity.com)

3. Asal kata 'spam'

Spam adalah istilah yang katanya pernah tersebar luas dari adegan Monty Python, sebuah grup komedi asal Inggris dekade 1970-an. Ungkapan ini, kata mereka, sering banget diucapkan oleh bangsa Viking.

Nah, istilah 'spam' ternyata juga sering muncul pada chat permainan online yang disebut MUD. Istilah itu mengacu pada perilaku atau perkataan yang kasar.

Kalo sekarang, istilah 'spam' lebih dikaitkan sebagai pengganggu e-mail. 

Spam kalian dicek gih! (lifehacker.com)

4. Penyebutan karakter '@'

Karakter '@' di Inggris disebut 'at', di Belanda, karakter itu disebut 'apetaart' artinya ekor monyet. Di  Swedia disebut 'snabel-a' atau belalai gajah, di Italia disebut 'chiocciolina' atau siput kecil.

Nah, di beberapa negara, penyebutan karakter @ mirip juga dengan nama hewan seperti 'mouse tail', 'sleeping cat', 'little duck', 'dog', hingga 'little worm'.

@ bisa disebut dalam berbagai cara (writeawriting.com)

5. Cara mengeja e-mail

Nulis e-mail yang tepat tuh gimana sih, e-mail, email, Email, E-Mail, E-mail, eMail, atau malah imel?

Semua bisa aja sih. Tapi banyak kamus yang mendukung untuk menghilangkan tanda strip jadi 'email' aja. Sebaliknya, The Associated Press Stylebook menekankan kalo e-mail adalah singkatan dari electronic mail. Jadi pengejaannya tetep 'e-mail' dengan tanda strip.

Kalo bahasa Indonesianya bisa surel atau surat elektronik. Suka-suka kalian deh enaknya gimana.

Ya biar kalian tau (news.fiu.edu)

6. E-mail pernah dikirim dari luar angkasa juga lho

Tahun 1991 dulu, Bumi pernah menerima sebuah e-mail dari luar angkasa. Pengirimnya adalah STS-43 Atlantis yang menggunakan software AppleLink dalam Macintosh Portable.

Kalo diartikan, isinya begini...

"Halo Bumi! Salam dari kru STS-43 Ini adalah AppleLink pertama di luar angkasa. Di sini asyik sekali, harusnya kalian ikut bersama kami... Hasta la vista, baby,... Kami akan kembali!"

Isi e-mail dari luar angkasa pertama kalinya (twitter.com)

7. Alamat e-mail tuh bisa diretas gak sih?

Dalam sebuah episode serial The Simpsons, Homer Simpson memperlihatkan alamat e-mail-nya, chunkylover53@aol.com.

Katanya, alamat e-mail itu bisa diakses para penggemar dan nanti akan dibalas oleh Homer sendiri. Akhirnya, para penggemar jadi sering mengirim e-mail sampe kotak masuknya sampe penuh.

E-mail itu kemudian dianggep 'selesai' karena udah kepenuhan. Tapi seorang hacker mencoba memanfaatkan kesempatan. Para penggemar pun dibalasi satu per satu e-mail atas nama Homer yang katanya udah 'selesai' itu.

Ini nih episodenya (comb.io)

Homer, lewat akun e-mail itu, menjanjikan akan mendapat episode The Simpson terbaru kepada semua orang.

Sayang, semua orang itu ditipu karena alamat yang mengatasnamakan Simpson adalah malware. Dan Homer yang ngirim pesan itu adalah seorang hacker yang memanfaatkan kesempatan. Zonk!

E-mail dari "Homer Simpson" (spamloco.net)