Mental Tetap Sehat, Ini 4 Tips Menghindari Burnout Saat Bekerja

Burnout bisa terjadi karena kamu merasa kewalahan dan terkuras secara emosional karena tekanan pekerjaan. Lantas, bagaimana tips menghindari burnout saat bekerja?

Siapa saja bisa mengalami burnout saat bekerja. Hal ini tentu tidak boleh disepelekan, sebab burnout bisa menurunkan produktivitasmu, bahkan bisa mengganggu kesehatan mentalmu. Maka dari itu, tips menghindari burnout saat bekerja berikut ini wajib diketahui buat kamu yang terlalu tenggelam dalam pekerjaan.

Sebagai informasi bahwa burnout merupakan keadaan ketika kamu merasa lelah secara emosional, fisik, dan mental akibat stres berlebihan. Burnout bisa terjadi karena kamu merasa kewalahan dan terkuras secara emosional.

Jika dibiarkan berlarut-larut, maka kondisi ini akan membuat kamu kehilangan minat dan motivasi. Lantas, bagaimana cara menghindari burnout saat bekerja agar kesehatan mental tetap terjaga? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini penjelasannya.

1. Berolahraga

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah burnout adalah dengan berolahraga. Sebab berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa meningkatkan emosi. Kamu bisa pergi ke gym atau jogging di pagi hari sambil menghirup udara yang masih segar.

Tips Menghindari Burnout Saat Bekerja (via Kemenpora)

2. Jangan Ragu Meminta Bantuan

Ketika kamu sudah merasa kewalahan dengan pekerjaanmu, maka jangan ragu-ragu untuk meminta bantuan. Jadi bangunlah pertemanan yang baik dengan banyak orang, agar ketika kamu membutuhkan bantuan, banyak yang mau membantu pekerjaanmu.

Tips Menghindari Burnout Saat Bekerja (via Glints)

3. Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga bisa membantu kamu mencegah burnout lho. Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 yang bisa menjadi antidepresan alami. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengonsumsi minyak biji rami, kenari, dan ikan karena mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan mood.

Tips Menghindari Burnout Saat Bekerja (via Hello Sehat)

4. Tidur yang Cukup

Bagaimana pun kesibukanmu, selalu ingat kalau tubuh juga harus mendapatkan haknya untuk beristirahat. Jadi untuk menghindari burnout, sebaiknya miliki tidur yang cukup sekitar 7-9 jam setiap malam, dengan begitu fisil dan mentalmu akan terjaga kesehatannya.

Nah, itu tadi beberapa tips menghindari burnout saat bekerja agar kesehatan mentalmu tetap terjaga. Dengan demikian, kamu bisa bekerja dengan baik dan lebih produktif. Selamat mencoba!

Tips Menghindari Burnout Saat Bekerja (via Kompas Health)