Cara Pesan Tiket di KAI Access, Ternyata Mudah Banget!

Bagaimana sih cara pesan tiket di KAI Access? Faktanya, di era serba digital, kamu tak perlu lagi datang ke stasiun untuk memesan tiket kereta api. Yuk simak ulasannya!

Bagaimana sih cara pesan tiket di KAI Access? Faktanya, di era serba digital, kamu tak perlu lagi datang ke stasiun untuk memesan tiket kereta api. Memesan tiket di KAI Access merupakan cara termudah di antara banyak opsi cara pembelian tiket. Aplikasi ini adalah platform resmi milik KAI sehingga kamu bisa mengecek ketersediaan tiket secara real time.

Selain itu, bukan hanya tiket kereta lokal dan antar kota saja yang bisa dipesan melalui apliksi ini, kamu juga bisa memesan tiket bandara dan bagi kamu yang berada di jabodetabek, kamu juga bisa mengakses informasi KRL melalui aplikasi ini. Sungguh memudahkan bukan?

Lalu bagaimana cara memesan tiket melalui KAI Access? Apakah benar-benar mudah? Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut informasi cara memesan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access:

1. Unduh Aplikasi KAI Access dan Login dengan Akun

KAI access bisa digunakan di semua gawai. Jika belum memiliki aplikasi tersebut, kamu bisa install melalui Playstore atau Appstore. Setelah selesai mengunduh aplikasi, daftarkan dirimu untuk memiliki akun di KAI Access. Caranya mudah, kamu cukup isi data diri sesuai yang diminta. Ikuti petunjuk yang ada, dan akunmu akan terproses.

Setelah mendaftar dan memiliki akun di KAI Access, kamu bisa masuk dengan memasukkan email atau nomor handphone yang sudah didaftarkan sebelumnya. Masukkan juga password yang diminta. Jika sebelumnya sudah punya akun, kamu tinggal membuka akses sesuai username dan password. Mudah bukan?

Cara Pesan Tiket di KAI Access (via Phinemo)

2. Pilih Kereta Api

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi, kamu sudah bisa menggunakannya sesuai keperluanmu. Pertama-tama, pilih pemesanan tiket kereta lokal ataupun antar kota sesuai rencana perjalananmu.

Cara pesan tiket di KAI Access berikutnya adalah dengan mengisi jadwal perjalanan. Di halaman depan aplikasi, setelah kamu memilih kereta api lokal atau antar kota, isi semua data yang diminta untuk memunculkan jadwal kereta api. Isilah asal dan tujuan keberangkatan, kemudian tanggal dan jumlah penumpang. Kamu bisa memilih membeli tiket untuk sekali jalan atau untuk perjalanan bolak-balik. Semua pilihan ada padamu. Kemudian klik "cari".

Akan muncul daftar perjalanan kereta sesuai tanggal yang sudah kamu isi sebelumnya. Daftar ini berisi informasi mulai dari nama kereta, harga tiket, durasi perjalanan hingga berapa tiket yang tersisa. Pertimbangkan pilihanmu dengan baik dan langsung lakukan pemesanan.

Cara Pesan Tiket di KAI Access (via Detik)

3. Isi Data Penumpang

Setelah menentukan kereta, kamu perlu mengisi data diri penumpang. Semua data yang kamu isi akan terekam di aplikasi, sehingga di pembelian berikutnya kamu tidak perlu lagi repot-repot mengisi data.

Setelah mengisi data, klik “lanjutkan”. Setelah itu akan muncul informasi kereta dan penumpang sesuai dengan yang sudah kamu isi. Jika masih ada kursi tersedia, kamu bisa memilih kursi dengan cara klik klik "Pilih Kursi" dan klik "Simpan". Jangan terlalu lama dalam proses memilih ya, karena proses pemesanan hanya bisa dilakukan selama 6 menit. Jika lebih dari itu, kamu harus mengulang pemesanan dari awal.

Cara Pesan Tiket di KAI Access (via Kabar BUMN)

4. Lakukan Pembayaran

Setelah semua sudah sesuai, kamu bisa melanjutkan proses pemesanan tiket di KAI Access ke tahap pembayaran. Centang syarat dan ketentuan kemudian klik “Bayar Sekarang”. Sebelum melakukan pembayaran, cek ulang semua data apakah sudah sesuai.

Pembayaran bisa dilakukan melalui e-wallet ataupun QRIS. Pilih mana yang paling nyaman untukmu. Setelahnya segera selesaikan proses pembayaran karena ada batas waktu pembayaran.

Cara Pesan Tiket di KAI Access (via Media BUMN)

5. Simpan Kode Booking

Dengan selesai melakukan pembayaran, maka pemesanan tiket kereta di KAI Access sudah selesai. Kamu bisa mengecek pembelian tiket di halaman depan bagian “Tiket”. Nantinya, 2 jam sebelum keberangkapan kereta, aplikasi KAI Access akan menerbitkan E-boarding pass yang akan kamu gunakan untuk memasuki peron stasiun.

Demikianlah cara pesan tiket di KAI Access. Hanya perlu beberapa langkah melalui handphone dan kamu sudah bisa mengantongi tiket untuk berlibur ke destinasi wisata favoritmu. Yuk mulai rencanakan perjalanan!

Cara Pesan Tiket di KAI Access (via Kabar Penumpang)