Informasi Jadwal dan Rute KA Panoramic, Intip Juga Cara Belinya!

Yuk intip jadwal dan rute KA Panoramic agar kamu tidak ketinggalan menikmati perjalanan menyenangkan dengan kelas eksekutif.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali mengumumkan jadwal dan rute KA Panoramic yang beroperasi secara terbatas. Sempat dioperasikan sebagai armada pendukung liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, gerbong dengan fasilitas ciamik ini kembali dapat dinikmati pada bulan Februari 2023 ini.

Meski demikian, terdapat sejumlah perbedaan antara KA Panoramic yang dioperasikan bulan Februari ini dengan armada sebelumnya, mulai dari jadwal hingga rute. Bagi kamu yang berencana menikmati perjalanan dari Jakarta-Bandung atau Bandung-Surabaya,yuk simak penjelasannya berikut ini!

Jadwal dan Rute KA Panoramic Februari 2023

KA Panoramic gelombang ini sudah mulai beroperasi sejak 3 Februari 2023, dan akan melakukan perjalanan hingga 26 Februari 2023. Kali ini, gerbong Panoramic akan dirangkaikan di KA Argo Parahyangan jurusan Stasiun Gambir-Bandung (pulang-pergi) dan KA Argo Wilis jurusan Stasiun Bandung-Surabaya Gubeng (pulang-pergi).

Meski demikian, KA Panoramic memang tidak melakukan perjalanan setiap hari. Untuk lebih jelasnya, simak detail berikut ini:

Periode 3, 7, 10, dan 24 Februari 2023

·         Kereta Panoramic bersama KA Argo Parahyangan melakukan perjalanan dengan rute Stasiun Gambir-Bandung dan berangkat dari Stasiun Gambir pukul 04.55 WIB.

·         Kereta Panoramic bersama KA Argo Wilis melakukan perjalanan dengan rute Bandung-Surabaya Gubeng dan berangkat dari Stasiun Bandung pukul 08.15 WIB.

Periode 5, 12, 19, dan 26 Februari 2023

·         Kereta Panoramic bersama KA Argo Wilis melakukan perjalanan dengan rute Stasiun Surabaya Gubeng-Bandung dan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng pukul 07.30 WIB

·         Kereta Panoramic bersama KA Argo Parahyangan melakukan perjalanan dengan rute Stasiun Bandung-Gambir dan berangkat dari Stasiun Bandung pukul 18.15 WIB.

Itulah rute dan jadwal keberangkatan Kereta Api Panoramic bulan Februari 2023. Jika kamu berencana melakukan perjalanan pada waktu dan jurusan tersebut, cobalah membeli tiketnya lewat platform yang disediakan oleh PT KAI.

Jadwal dan Rute KA Panoramic (via Ekonomi Bisnis)

Cara Pembelian Tiket

Setelah mengetahui  jadwal dan rute KA Panoramic, pastinya kamu ingin segera memesan tiket dan menikmati perjalanan menyenangkan dengan fasilitas sekelas eksekutif di dalamnya. Untuk mendapatkan tiket, kamu bisa memesan lewat beberapa platform yang disediakan KAI maupun vendor yang bekerja sama. Secara garis besar, begini langkah-langkah pemesanannya:

1. Melalui Aplikasi KAI Access

KAI Access adalah aplikasi resmi yang disediakan oleh PT KAI untuk mempermudah pemesanan tiket dengan berbagai rute dan jadwal. Jika kamu sudah mendownload aplikasinya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

·         Buka dan login pada aplikasi. Jika kamu baru pertama kali menggunakan, maka lakukan registrasi terlebih dahulu sesuai dengan petunjuk pada platform.

·         Masukkan detail perjalanan yang direncanakan, mulai dari stasiun keberangkatan, tujuan, tanggal, hingga jumlah penumpang. Jika kamu bermaksud menggunakan KA Panoramic, pilih waktu-waktu seperti yang tercantum di atas.

·         Daftar nama kereta akan muncul, dan pilihlah kereta Panoramic yang diminta. Pilih sesuai tujuan dan waktu.

·         Langkah selanjutnya, kamu akan diminta mengisi data penumpang.

·         Jika ingin memilih tempat duduk, pilih menu “Pilih Kursi”.

·         Setelah semua data diisi, akan muncul ringkasan pemesanan beserta harganya. Lalu lakukan langkah pembayaran sesuai petunjuk.

·         Setelah pembayaran berhasil, kamu akan mendapat E-Tiket untuk digunakan pada proses check-in.

Jadwal dan Rute KA Panoramic (via Turisian)

2. Platform Pembayaran Lainnya

Pemesanan melalui aplikasi memang sangat disarankan karena paling mudah dan cepat. Meski demikian, kamu juga bisa melakukan reservasi melalui situs resmi KAI, yaitu kai.id dengan mengikuti petunjuk yang pada dasarnya mirip dengan sistem pada aplikasi.

Selain itu, tiket KA Panoramic juga bisa dipesan melalui call center 121 atau platform booking tiket lain yang bekerja sama dengan KAI[2]. Kamu cukup mengikuti petunjuk pada platform masing-masing, tentunya dengan cara yang mudah dan cepat. Jangan lupa juga memasukkan tanggal sesuai jadwal dan rute KA Panoramic. Yuk pesan sekarang!

Jadwal dan Rute KA Panoramic (via CNBC)