4 Manfaat Berenang yang Tidak Kamu Tahu, Harus Lebih Sering Nih!

Berenang ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Yuk intip alasan kenapa kamu harus melakukannya lebih sering!

Berenang menjadi salah satu aktivitas menyenangkan baik untuk tujuan healing maupun sekedar kumpul-kumpul bersama orang dekat. Ditambah lagi, aktivitas bermain dan bermanuver di dalam air juga bisa memberikan kesenangan tersendiri.

Namun tahukah kamu bahwa berenang ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Banyak yang menyebut kegiatan ini menyehatkan namun tidak benar-benar tahu seberapa besar pengaruhnya untuk tubuh. Berikut ini alasan kenapa kamu harus sering berenang,

1. Mendukung Kesehatan Paru-Paru

Berenang akan menjadi media yang tepat untuk membantu mengatur pernapasan, karena kita dituntut untuk menjaga napas tetap stabil walau dengan oksigen yang terbatas. Jika kamu memiliki riwayat asma atau gangguan paru-paru, maka aktivitas ini sangat direkomendasikan sebagai terapi.

Manfaat Berenang (via Hermina Hospitals)

2. Mengatasi Stress

Aktivitas ini cukup menyenangkan dan membantu melepaskan hormon endophin yang akan memperbaiki mood. Ditambah lagi, berada di dalam air akan membantu perenang mengistirahatkan indra sejenak, sehingga pikiran jadi lebih jernih dan tenang.

Manfaat Berenang (via CNN)

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kamu mungkin penasaran, apa hubungan berenang dengan kecerdasan otak. Menurut berbagai penelitian, sekitar 14 persen aliran darah akan mengalir ke otak saat sesorang berada di dalam air. Hal ini akan mendukung kinerja otak sehingga memaksimalkan kemampuan berpikir. 

Manfaat Berenang (via Indozone)

4. Menjaga Kesehatan

Jika kamu rajin berenang, maka aka nada sejumlah manfaat kesehatang yang kamu dapat. Aktivitas ini dapat membantu mengontrol tekanan darah, menjaga kestabilan kadar kolesterol, memperbaiki kinerja jantung, sistem syarat, dan pergerakan otot.

Itulah beberapa manfaat pergi berenang yang tidak kamu tahu. Ternyata aktivitas ini tak hanya menyenangkan, namun juga efektif menjaga kesehatan. Tunggu apa lagi? Yuk mulai rutin berenang mulai sekarang!

Manfaat Berenang (via Manfaat)