5 Tips Agar Ketagihan Membaca Buku, Enggak Malas Lagi Deh!

Orang-orang sukses ternyata suka dan ketagihan membaca buku. Tapi bagaimana cara membangun kebiasaan tersebut? Yuk simak!

Orang-orang sukses  di dunia ternyata memiliki ciri yang sama yaitu suka dan ketagihan membaca buku. Sebut saja Bill Gates, Warren Buffett hingga Mark Zuckerberg, mereka semua memiliki kebiasaan membaca banyak buku. 

Membaca ternyata memiliki banyak manfaat menambah kemampuan berbahasa, menambah pengetahuan, membangun imajinasi, dan masih banyak lagi. Itulah kenapa membangun kebiasaan membaca sangatlah penting. Nah, bagaimana membangun kebiasaan membaca agar bisa ketagihan membaca buku? Simak tips berikut ini.

1. Temukan Alasan Kenapa Harus Membaca

Tipsyang pertama agar kamu ketagihan membaca buku adalah dengan niat. Niat itu bisakamu jika kamu menemukan alasan penting kenapa kamu harus membaca. Seperti yangkamu tahu, orang-orang hebat di dunia ini memulai kesuksesannya darikebiasaannya membaca buku.

Sebutsaja Mark Zuckerberg. Zuckerberg membiasakan diri membaca satu buku setiap duaminggu sekali dengan tema buku yang berbeda. Ada juga Warren Buffett yangsetiap hari meluangkan waktu lima hingga enam jam untuk membaca lima koranberbeda. Ia juga rutin memeriksa sekitar 500 halaman dokumen finansial.

Tips Agar Ketagihan Membaca Buku (viaRuang Mahasiswa)

2. Mencari Rekomendasi

Langkahselanjutnya dalam upayamu agar ketagihan membaca buku adalah dengan mencarirekomendasi buku yang menarik dari orang terdekat. Kamu juga bisa mendatangitoko buku untuk melihat buku apa yang sedang laris saat ini. Hal ini membantu karenadi awal, kita tidak tahu buku mana yang bagus dan mudah dipahami. Jangan sampaibaru memulai saja kamu sudah membaca buku yang ‘isinya berat’ sehinggamembuatmu malas untuk melanjutkan membaca.

Tips Agar Ketagihan Membaca Buku (viaFisip UMA)

3. Membuat Jadwal

Sama seperti hal lain yang diupayakan, kamu juga harus membuat jadwal dan target. Kamu bisa mengharuskan dirimu untuk membaca minimal satu halaman setiap hari. Latih terus hingga menjadi kebiasaan dan akhirnya akan membuatmu ketagihan membaca buku. 

Selain target, kamu bisa membuat jadwal membaca, misalnya saja sebelum tidur. Daripada menghabiskan waktu untuk mengecek ponsel dan media sosial, lebih baik membaca buku hingga tertidur, kan?

Tips Agar Ketagihan Membaca Buku (via Gramedia)

4. Bergabung dengan Komunitas

Agar lebih semangat dalam memahami isi buku, kamu bisa bergabung dalam sebuah komunitas. Saat kamu bertemu dengan orang-orang yang suka membaca buku, kamu akan mendapat banyak motivasi untuk terus membaca buku dan menyelesaikannya hingga akhir. 

Tips Agar Ketagihan Membaca Buku (via Kompas)

5. Membuat Tantangan

Cara lain agar kamu ketagihan membaca buku adalah dengan membuat tantangan. Dengan menantang diri sendiri, kamu dapat lebih termotivasi untuk menyelesaikan buku yang kamu baca. Kamu bisa memberi reward bagi dirimu sendiri jika dapat memenuhi tantangan yang sudah kamu buat.

5 tips di atas dapat membantumu menumbuhkan kebiasaan membaca hingga membuatmu ketagihan. Coba terapkan dengan konsisten, ya!

Tips Agar Ketagihan Membaca Buku (via Halodoc)