Ilmuwan Jelaskan Indera Keenam dari Kacamata Medis, Ternyata Beneran Ada!

Ilmuwan Jelaskan Indera Keenam dari Kacamata Medis, Ternyata Beneran Ada!

Setiap manusia dianugerahi lima panca indera untuk merasakan hal-hal di sekililingnya. Kelima indera itu antara lain penglihatan (mata), perasa (lidah), penciuman (hidung), pendengar (telinga), dan peraba (kulit).

Namun untuk beberapa orang spesial, mereka tak hanya dikaruniai 5 indera, melainkan 6. Orang-orang yang memiliki indera keenam ini konon memiliki keahlian yang sulit diterima secara logis, seperti bisa melihat masa depan, mahkluk gaib, dan sebagainya.

Karena sulit diterima akal sehat, tak heran jika banyak orang yang meragukan keberadaan indera keenam ini. Lalu, bagaimana penjelasan medis soal indera keenam? Apakah benar-benar ada?

# Pengaruh Keturunan Syndrome Savant

Dalam dunia medis, kemampuan istimewa yang dimiliki orang dengan indera keenam diduga merupakan pengaruh dari Syndrom Savant.

Syndrom Savant adalah kondisi langka, tetapi luar biasa, di mana orang dengan cacat mental yang serius, termasuk gangguan autistik, memiliki beberapa 'daerah jenius' pada dirinya. 

Sebanyak satu dari 10 orang dengan gangguan autis memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbagai tingkat, meskipun sindrom savant terjadi pada cacat perkembangan lainnya atau pada jenis cedera atau penyakit sistem saraf pusat lainnya.

Savant Syndrom (twitter.com)

Contoh sindrom savant luar biasa terjadi ketika tingkat keterampilan individu autis melampaui yang terlihat bahkan pada masyarakat umum. 

Keterampilan savant bisa ada di berbagai bidang, tetapi sebagian besar orang dengan syndrom ini menunjukkan keterampilan dalam seni (misalnya gambar yang sangat detail), musik (kemahiran dalam memainkan alat musik), matematika (aritmatika mental cepat), perhitungan kalender (kemampuan untuk menyediakan hari minggu untuk tanggal tertentu), dan ingatan tentang fakta, peristiwa, angka, dll.

Film "The Sixth Sense (ajirensji.blogspot.com)

# Indera Keenam Merupakan Kemampuan Otak

Selain itu, dalam kacamata medis, indera keenam juga disebut sebagai kemampuan otak yang tidak dimiliki manusia normal pada umumnya. Kemampuan ini disebut anterior cingulated cortex (ACC). Ini merupakan bagian dari otak manusia yang dinilai sangat peka hingga bisa memantau dan merasakan perubahan sekecil apapun.

Orang yang memiliki kemampuan ini bisa membaca pikiran orang lain, mengetahui apa yang akan terjadi, dan mampu merasakan hal yang tak kasat mata. 

Itu tadi penjelasan medis tentang indera keenam yang dimiliki hanya oleh orang-orang spesial. 

Sekarang terdengar jadi lebih masuk akal ya ternyata?

Anterior cingulated cortex (ACC) (Hindawi.com)