7 Makanan Khas Valentine Unik Dari Berbagai Negara Di Dunia, Gak Cuma Cokelat Loh!

7 Makanan khas Valentine yang unik dari berbagai negara ada sup ikan piranha hingga ramen cokelat.

Hari Valentine atau hari kasih sayang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Momen ini banyak dimanfaatkan untuk memberi kado pada orang terkasih. Salah satu hadiah yang paling identik dengan momen kasih sayang ini adalah cokelat. Tapi ternyata, selain cokelat, masih ada makanan khas Valentine lainnya loh! 

Beberapa negara rupanya punya tradisi tersendiri dalam merayakan Hari Valentine. Hidangan yang disajikan pun terbilang unik dan tidak biasa. Berikut sudah dirangkum makanan khas Valentine unik dari berbagai negara di dunia. Scroll artikel ini sampai habis ya!

1. Omelet Bentuk Hati (Asia)

Tak hanya untuk sarapan atau bekal saja, omelet tenyata juga kerap jadi hidangan untuk merayakan hari Valentine. Bedanya, di hari kasih sayang agar omelet ini terkesan spesial, maka bentuknya dibuat menyerupai hati untuk melambangkan kasih sayang ke pasangan.  

Adapun negara-negara yang suka membuat omelet hati biasanya dari China, Jepang, hingga Korea. Buat kamu pecinta drama Korea, pasti sudah pernah melihat adegan lasamgan menyantap omelet di hari Valentine.

Makanan Valentine - Omelet Bentuk Hati (Njajan)

2. Teh Air Mawar (Timur Tengah dan Eropa)


Umumnya bunga mawar diletakkan di vas bunga atau dirangkai menjadi buket yang cantik lalu dipersembahkan untuk orang tersayang di momen Valentine. Tapi kebiasaan ini berbeda dari pasangan-pasangan di negara Timur Tengah dan Eropa. Kebanyakan dari mereka malah menambahkan aroma bunga mawar ke dalam kue-kue, puding, semur, sirup sampai teh.

Untuk teh air mawar, pembuatannya cukup mudah. Mereka hanya perlu menambahkan air panas dengan air mawar dan ditambah sedikit gula, lalu jadilah teh air mawar. Konon kabarnya, jika teh mawar ini diminum bersama pasangan maka bisa menimbulkan sensasi romantis dan relaksasi.

Makanan Valentine - Teh Air Mawar (Liputan6)

3. Sup Ikan Piranha (Brazil)

Orang-orang di Brazil biasa merayakan Valentine dengan menyajikan sup ikan piranha yakni ikan yang terkenal dengan giginya yang tajam dan pemakan daging. Meskipun terdengar aneh dan menakutkan, tapi menu sup ikan piranha ini begitu diminati di hari Valentine. Kabarnya, menu sup ikan piranha ini bisa memikat pasangan dalam meningkatkan suasana hati loh!

Makanan Valentine - Sup Ikan Piranha (Travel Stories)

4. Ramen Cokelat (Jepang)

Jepang merayakan hari kasih sayang dengan dengan makanan cukup unik dan cenderung tidak biasa yakni memberikan ramen cokelat untuk disantap bersama orang tersayang. Pada dasarnya, ramen ini sama seperti ramen pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuah yang memakai cokelat manis. Kebayangkan rasanya gimana?

Makanan Valentine - Ramen Cokelat (Kompas)

5. Mbatata (Afrika Tengah)

Orang-orang di Malawi ,Afrika Tengah punya tradisi unik yang biasanya cuma dilakukan di hari Valentine yaitu memakan kue ubi jalar manis atau biasa disebut mbatata. Kue ini bisa dipotong dalam bentuk hati untuk melambangkan kasih sayang. Malawi sendiri terkenal dengan masyarakatnya yang ramah sehingga makanan ini cocok untuk menggambarkan kasih sayang di antara mereka.

Makanan Valentine - Mbatata (Curious Cuisiniere)

6. Chevice (Amerika Latin)

Mungkin ada dari kamu yang belum tahu kalau banyak restoran di negara di daerah Amerika Latin bakal menyediakan menu chevice atau salad seafood saat perayaan hari Valentine. Chevice sendiri dibuat dari ikan mentah yang diasinkan di dalam jus jeruk nipis atau lemon. Kemudian, olahan makanan ini dibumbui dengan cabai pedas dan bumbu lain seperti bawang, garam, tomat dan daun ketumbar.

Makanan Valentine - Chevice (Food Network)

7. Baghrir (Moroko)

Saat merayaan hari Valentine, biasanya para pasangan muda-mudi di Moroko melahap sarapan baghir atau pancake. Sebagai informasi, baghrir adalah pancake khas Maroko dengan tekstur lembut, kenyal, dan serasa meleleh di mulut. Makanan khas Valentine ini terbuat dari semolina. Biasanya, hindangan baghrir ini disajikan dengan madu, mentega atau sirup maple.

Ternyata, hari Valentine tidak melulu harus memberikan cokelat kepada pasangan. Berbagai negara punya makanan khas tersendiri dalam momen perayaan hari kasih sayang. Kamu tertarik untuk ikut coba yang mana nih? Semoga bermanfaat ya!

Makanan Valentine - Baghrir (Chef Simon)