5 Kebiasaan yang Harus Dihindari Jika Ingin Menurunkan Berat Badan

Tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan? Yuk simak ulasannya!

Tahukah kamu bahwa ada beberapa kebiasaan yang harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan? Beberapa habit seperti makan menjelang tidur dan mengonsumsi camilan adalah hal terlarang yang akan membuatmu gagal diet.

Jika kebiasaan ini terus kamu lakukan, justru akan membuat dietmu tidak berhasil. Masih ada beberapa kebiasaan lain yang bisa menggagalkan usahamu menurunkan berat badan. Apa saja? Ini dia informasi selengkapnya!

1. Makan Malam Menjelang Jam Tidur

Kebiasaan yang wajib kamu hindari saat ingin menurunkan berat nbadan adalah makan di malam hari menjelang waktu ridur. Waktu malam saat kamu beristirahat, sistem pencernaanmu juga akan beristirahat sehingga proses metabolismemu menjadi lambat sehingga tubuh akan bekerja lebih keras ketika anda makan malam 1 jam sebelum tidur.

Selain itu, makan pada malam hari dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin yang membuat kamu merasa lebih lapar keesokan harinya. Kalau kebiasaan ini terus dibiarkan, maka akan terbentuk sebuah siklus pola makan yang tidak sehat.

Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Menurunkan Berat Badan (via Alodokter)

2. Kurang Tidur

Kebiasaan yang harus dihindari berikutnya adalah kurang tidur. Kurang tidur akan memicu meningkatnya kadar kortisol yang dapat memperlambat metabolisme sehingga menyebabkan produksi lemak perut berlebih. Selain itu, kurang tidur akan mengakibatkan hormon rasa lapar tidak terkendali dan memunculkan stress.

Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Menurunkan Berat Badan (via CNN)

3. Melewatkan Waktu Makan

Kebiasaan yang harus kamu tinggalkan berikutnya adalah melewatkan waktu makan. Banyak yang beranggapan bisa menurunkan berat badan dengan cara melewatkan waktu makan sehingga asupan kalori juga berkurang. Namun ternyata anggapan seperti ini tidak sepenuhnya benar. Melewatkan makan hanya akan membuatmu kalap saat makan di waktu makan berikutnya. Karena itu, lebih baik kurangi porsi makan daripada sama sekali tidak makan di waktu makanmu, ya.

Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Menurunkan Berat Badan (via Parapuan)

4. Makan Banyak Camilan

Memakan banyak camilan juga merupakan kebiasaan buruk jika ingin menurunkan berat nadan. Camilan meskipun hanya sedikit dan tidak mengenyangkan saat dimakan, ternyata memiliki kalori dan kadar gula tinggi. Karena itu, lebih baik makan makanan utama di jam makan dan menghindari camilan jika kamu sedang ingin menurunkan berat badan.

Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Menurunkan Berat Badan (via Liputan6)

5. Tidak Fokus saat Makan

Saat makan, usahakan fokus pada apa yang kamu makan. Jangan makan sambil menggunakan gadget atau menonton TV. Hal ini menyebabkan tubuh bisa menerima sinyal kenyang yang salah sehingga kamu terus saja makan melebihi kapasitas yang dibutuhkan tubuh.

Itulah beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari jika ingin menurunkan berat badan. Selain itu, jangan lupa imbangi pola hidup dengan berolahraga dan makan makanan sehat agar dietmu berhasil.

Kebiasaan yang Harus Dihindari saat Menurunkan Berat Badan (via Beautynesia)