Bikin Kepikiran, Ini 4 Kuliner Enak Khas Cirebon yang Susah Dilupakan

Berkunjung ke tiap daerah belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya, salah satunya yaitu kuliner enak khas Cirebon. Apa saja?

Berkunjung ke Kota Cirebon tentu belum lengkap kalau tidak mencicipi kuliner enak khas Cirebon yang menggoda banget. Di sini kamu akan menemukan cita rasa makanan yang sangat berbeda dan enggak bisa kamu temukan di kota lain.

Kira-kira makanan khas Cirebon apa saja yang selalu berhasil menggugah selera dan bikin lidah bergoyang ketika menyantapnya? Berikut ini daftarnya.

1. Sate Kalong

Makanan pertama ada Sate Kalong yang wajib banget dicoba. Eits, jangan salah meski namanya sate Kalong tapi sate ini tetap terbuat dari daging kerbau atau daging sapi. Dinamakan Sate Kalong karena dahulu makanan ini dijual ketika malam menjelang.

Jika sate pada umumnya terbuat dari daging mentah yang langsung dibakar, namun daging kerbau dari Sate Kalong dimasak terlebih dahulu hingga empuk lalu dicelupkan ke dalam bumbu rempah dan dibakar.

Kuliner Enak Khas Cirebon (via Merdeka)

2. Empal Gentong

Empal Gentong merupakan makanan berkuah santan dengan warna kulit kecoklatan yang sekilas mirip dengan gulai. Disebut Empal Gentong karena makanan ini dimasak dalam priuk tanah liat alias gentong menggunakan kayu bakar dari pohon mangga, jadi aromanya khas banget. Seporsi Empal Gentong berisikan daging sapi dan jeroan seperti usus dan babat.

Kuliner Enak Khas Cirebon (via Cookpad)

3. Bubur Sup Ayam

Jika biasanya bubur disajikan kering dengan beraneka topping, Bubur Sup Ayam disajikan dengan sedikit kuah kaldu yang gurih. Di Cirebon, kamu bisa menemukan Bubur Sup Ayam di Bubur Sop Ayam Mang Kapi yang berada di Jalan Tentara Pelajar Nomor 26, Cirebon.

Kuliner Enak Khas Cirebon (via detikFood)

4. Nasi Jamblang

Terakhir ada Nasi Jamblang yang menjadi salah satu ikon kuliner khas Cirebon. Makanan ini unik banget karena dibungkus dengan daun jati. Nasi Jamblang disajikan dengan beraneka macam lauk, mulai dari tempe, tahu, sate kentang, semur ati, sambal, dan masih banyak lagi.

Duh, sudah ngiler belum setelah tahu aneka macam kuliner enak khas Cirebon tadi. Kalau ke Cirebon jangan lupa mencicipi makanan-makanan tadi, biar enggak kepikiran kalau sudah sampai rumah.

Kuliner Enak Khas Cirebon (via IDN Times)