Berikut Perkiraan Biaya Operasi Katarak di Berbagai Daerah di Indonesia 2023

Perkiraan biaya operasi katarak di berbagai daerah di Indonesia 2023

kebanyakan kasus, menggantinya dengan lensa buatan. Normalnya, lensa mata seseorang  jernih, namun katarak menyebabkan lensa menjadi keruh, yang pada akhirnya memengaruhi penglihatan.

 

Operasi katarak dilakukan oleh dokter mata (ophthalmologist) secara rawat jalan, yang berarti kamu tidak harus tinggal di rumah sakit setelah operasi. Operasi katarak sangat umum dan umumnya merupakan prosedur yang aman.  Biaya operasi katarak juga bervariasi tergantung tempat, dokter, dan kapan kamu melakukan prosedur.

Mata normal dan mata katarak (liputan6.com)

# Proses Operasi Katarak

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, katarak dapat menyebabkan penglihatan kabur dan meningkatkan silau dari lampu. Jika katarak membuatmu sulit melakukan aktivitas normal, dokter mungkin menyarankan operasi katarak.

 

Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan operasi katarak jika katarak menyulitkan dokter mata untuk memeriksa bagian belakang matamu untuk memantau atau mengobati masalah mata lainnya, seperti degenerasi makula terkait usia atau retinopati diabetik.

 

Dalam kebanyakan kasus, menunggu untuk menjalani operasi katarak tidak akan membahayakan matamu. Jadi kamu punya waktu untuk mempertimbangkan pilihanmu. Jika penglihatanmu masih cukup baik, kamu mungkin tidak memerlukan operasi katarak.

 

 

Saat mempertimbangkan operasi katarak, ingatlah pertanyaan-pertanyaan ini:

 

  1. Dapatkah saya melakukan pekerjaan dengan aman dan mengemudi?

  2. Apakah saya memiliki masalah membaca atau menonton televisi?

  3. Apakah saya mengalami kesulitan untuk memasak, berbelanja, mengerjakan pekerjaan pekarangan, menaiki tangga atau minum obat?

  4. Apakah masalah penglihatan memengaruhi tingkat kemandirianmu?

  5. Apakah cahaya terang membuat saya lebih sulit melihat?

 

Baca juga: Fungsi Penting Memakai Kacamata Hitam

 

Detail mata yang katarak (ciputramsgeyeclinic.com)

# Perkiraan Biaya Operasi Katarak di Berbagai Daerah di Indonesia Tahun 2023

 

Untuk kamu yang tinggal di Jakarta dan sedang mencari informasi soal operasi katarak, berikut ini beberapa perkiraan biaya operasi katarak di Jakarta tahun 2023:

1. KMN Eye Care

 

Gak cuma warga Jakarta, warga Semarang juga bisa melakukan operasi katarak di KMN (Klinik Mata Nusantara) karena klinik ini memang berada di Jakarta dan Bandung.

 

Untuk melakukan operasi katarak di klinik khusus mata ini, kamu perlu menyiapkan anggaran mulai dari Rp17.500.000- Rp35.000.000.

 

Pilihannya juga beragam, mulai dari lensa monofokal, asferis, toric, atau multifokal.

2. Jakarta Eye Center

 

Kamu juga bisa melakukan operasi katarak di rumah sakit atau klinik di bawah naungan Jakarta Eye Center. Termasuk JEC di luar Jakarta, misalnya di Semarang dan Surabaya.

 

Untuk rincian biayanya, kamu bisa lihat di bawah ini:

 

-       Paket operasi katarak + lensa non-aspheric : Rp16.830.000.

-       Paket operasi katarak + lensa aspheric: Rp18.130.000.

-       Operasi katarak + lensa toric: Rp24.280.000.

-       Paket operasi katarak + lensa multifokal: Rp28.280.000.

-       Paket operasi bladeless laser cataract surgery + lensa monofokal: Rp29.870.000.

-       Operasi bladeless cataract surgery + lensa multifokal: Rp39.980.000.

3. Bandung Eye Center

 

Warga Bandung dan sekitarnya yang hendak melakukan operasi katarak, bisa coba datang ke Rumah Sakit Mata Bandung Eye Center dan Klinik Utama Bandung Eye Center.

 

Kisaran harga operasi katarak di Bandung Eye Center adalah mulai dari Rp14.500.000. Sementara untuk Klinik Utama Mata Bandung Eye Center, biayanya mulai dari Rp12.000.000.

4. Rumah Sakit Imanuel Way Halim

 

Untuk warga Lampung, kalian bisa datang ke Rumah Sakit Imanuel Way Halim untuk melakukan operasi katarak. Untuk biaya yang ditawarkan yaitu mulai dari Rp4.800.000.

 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata

5. Rumah Sakit Dr. Yap Yogyakarta

 

Rumah Sakit Dr. Yap Yogyakarta bisa jadi jujugan warga Jogja yang ingin melakukan operasi katarak. Untuk mendapatkan layanan ini, kamu perlu mempersiapkan anggaran mulai dari Rp11.000.000.

 

Itu tadi perkiraan biaya operasi katarak di berbagai daerah di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Baim Wong usai jalani operasi katarak (republika.co.id)