Seberapa Penting Asupan Zinc untuk Tubuh, Yuk Intip Infonya!

Zinc merupakan mineral penting yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Yuk intip ulasannya!

Kamu pasti pernah mendengar tentang zinc. Zinc merupakan mineral penting yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Karena itu kamu membutuhkan makanan yang kaya zinc untuk memastikan tubuh kamu tidak kekurangan zinc.

Berapa Kadar Zinc yang Dibutuhkan Tubuh?

Setiap orang memerlukan kadar zinc dalam tubuh yang berbeda-beda. Misalnya, perempuan dewasa membutuhkan setidaknya 8 mg per harinya namun ibu hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak lagi. Selain itu, kebutuhannya tergantung jenis kelamin dan usia. Nah, biar enggak bingung berikut rinciannya:

·         Anak usia 7 bulan-3 tahun: 3 mg/hari

·         Anak usia 4-8 tahun: 5 mg/hari

·         Anak usia 9-13 tahun: 8 mg/hari

·         Perempuan 14-18 tahun: 9 mg/hari

·         Laki-laki di atas 14 tahun: 11 mg/hari

·         Perempuan 19 tahun ke atas: 8 mg/hari

·         Ibu hamil: 11-12 mg/hari

·         Ibu menyusui: 12-13 mg/hari

Zinc (via Jovee)

Manfaat Zinc untuk Perempuan

Seperti yang dikatakan di awal bahwa zinc memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh baik laki-laki maupun perempuan.  Nah, untuk perempuan, zinc ternyata berperan penting dalam meningkatkan suasana hati.

Zinc dapat menjadi perawat alami untuk mengatasi gangguan kecemasan dan depresi. Tidak hanya itu, zinc juga mampu menstabilkan gula darah. Bahkan zinc juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pada masa kehamilan.

Zinc (via Kompas)

Apa yang Terjadi Jika Kekurangan Zinc?

Karena perempuan penderita diabetes 4 kali lebih rentan mengalami stroke, maka zinc akan bantu menstabilkannya. Perlu diketahui, kurangnya kadar zinc dalam tubuh saat hamil ternyata dapat mempengaruhi kesehatan kandungan serta janin. Bahkan ibu hamil yang kekurangan zinc, berpotensi mengalami keguguran lebih besar, janin tidak berkembang normal, dan berat badan bayi rendah.

Zinc (via Kompas)

Bagaimana Mendapatkannya?

Sebagaimana disebutkan di atas, zat ini tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Kebutuhan zinc ini umumnya dapat terpenuhi dengan mengonsumsi makanan mengandung zinc setiap hari. Jika kesulitan mendapatkannya dari makanan, kamu bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung zat ini.

inc (via SehatQ)