Tetap Jaga Sopan Santun, Ini 4 Hal yang Harus Dihindari Saat Bertamu

ada hal-hal yang harus dihindari saat bertamu agar tidak membuat tuan rumah merasa tidak nyaman. Salah satunya dengan tidak bersikap seenaknya sendiri.

Bertamu tentu ada adabnya, meski rumah yang kamu kunjungi adalah milik saudaramu sendiri. Sebab ada hal-hal yang harus dihindari saat bertamu agar tidak membuat tuan rumah merasa tidak nyaman. Salah satunya dengan tidak bersikap seenaknya sendiri.

Jika dalam waktu dekat kamu berencana untuk berkunjung ke rumah salah teman atau saudara. Junjung selalu sopan santun dan jangan berbuat sesuatu yang membuat tuan rumah merasa kesal. Lantas, apa saja sih hal-hal yang harus dihindari saat bertamu ke rumah orang lain? Simak baik-baik penjelasannya berikut ini ya.

1. Membuat Rumah Berantakan

Hal pertama yang harus kamu hindari saat bertamu ke rumah orang lain adalah membuat rumah berantakan. Ketika kedatangan tamu, tuan rumah sudah bersusah payah menjamumu dengan makanan dan minuman.

Jadi jangan repotkan dia lagi dengan harus membereskan rumah yang kamu bikin berantakan setelah kamu pulang. Hal ini akan membuat tuan rumah tidak suka kamu datang ke rumahnya.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bertamu (via Kompas)

2. Bersikap Seenaknya Sendiri

Jika kamu datang bertamu dan menginap, pastikan kamu hanya membawa barang-barang yang kamu perlukan. Jangan sampai barang bawaanmu memenuhi rumahnya.

Dan pastikan tidak berbuat seenaknya, seolah-olah rumah tersebut adalah rumahmu sendiri. Bersikaplah dengan baik dan sopan, agar tuan rumah tidak merasa terganggu dengan kedatanganmu.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bertamu (via IDN Times)

3. Jangan Merokok Sembarangan

Jika kamu seorang perokok, jangan suka merokok sembarangan saat bertamu ke rumah orang lain. Siapa tahu, si tuan rumah adalah orang yang benar-benar menghindari asap rokok. Terlebih jika dia punya anak kecil yang benar-benar dijauhkan dari asap rokok yang berbahaya.

Hal yang Harus Dihindari Saat Bertamu (via Hermina Hospitals)

4. Tidak Memperhatikan Waktu Berkunjung

Hal terakhir yang harus kamu hindari adalah tidak memperhatikan waktu berkunjung. Bertamu dijam-jam istirahat tentu akan sangat mengganggu. Apalagi jika si tuan rumah punya anak kecil yang harus ditidurkan pada jam tersebut. Duh kedatanganmu benar-benar tidak diharapkan.

Sebenarnya hal-hal yang harus dihindari saat bertamu adalah adab yang banyak orang tahu. Namun sayangnya sedikit orang sadar untuk melakukannya. Semoga kamu bukan salah satu yang membuat tuan rumah sebal, ya!

Hal yang Harus Dihindari Saat Bertamu (via Pikiran Rakyat)