Investasi untuk Anak Muda yang Bisa Dilakukan di Tahun 2023, Masa Depanmu Bakal Cerah Nih!

Sebenarnya seperti apa sih investasi untuk anak muda yang paling efektif dan menguntungkan? Simak infonya berikut ini!

Sebenarnya seperti apa sih investasi untuk anak muda yang paling efektif dan menguntungkan? Saat ini, anak muda sudah banyak dikenalkan pada dunia investasi melalui banyak kegiatan dan juga aplikasi. Tidak seperti di masa lalu, saat ini memulai investasi di usia muda cukup mudah dilakukan. 

Pertama, kamu perlu menentukan tujuan investasi, lalu jumlah modal dan aplikasi yang digunakan. Pastikan modal yang kamu gunakan bukan dari uang kebutuhan bulanan, lalu pilih instrumen investasi. Nah, instrumen investasi apa saja yang cocok untuk anak muda? Simak informasi berikut ini.

1. Reksadana

Reksadana bisa dibilang sebagai investasi yang cocok untuk anak muda sebab mudah untuk dilakukan. Kamu juga dapat memilih mana instrumen investasi berdasarkan risikonya. Saat ini, banyak aplikasi investasi yang bisa kamu gunakan. Kamu hanya perlu mengetahui profil risikomu kemudian aplikasi akan memberikan pilihan investasi reksadana yang cocok untukmu. 

Reksadana adalah investasi yang dikelola seseorang atau sekelompok orang. Di sini, dana milikmu akan digabungkan dengan dana dari investor lain. Reksadana ini dikelola oleh seorang manajer investasi sehingga cocok untuk pemula yang ingin memulai investasi namun minim modal. 

Investasi untuk Anak Muda (via Bareksa)

2. Investasi Emas

Investasi emas merupakan investasi yang cocok untuk anak muda. Investasi ini relatif aman dengan margin kerugian terbilang kecil. Harga emas yang sangat stabil bahkan cenderung naik akan memberikan keuntungan. Kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan atau uang saku untuk membeli emas. Sekarang banyak dijual emas dengan pecahan kecil, mulai dari 0,5 gram, sehingga kamu bisa menabung sedikit demi sedikit dalam bentuk emas.

Investasi untuk Anak Muda (via Kompas)

3. Investasi Saham

Selain 2 instrumen investasi di atas, investasi saham juga cocok sebagai jenis investasi anak muda. Investasi ini memang memerlukan ilmu untuk memulainya. Kamu harus bisa menilai saham mana yang nantinya berkembang dan nilainya naik. Investasi ini memiliki resiko yang sebanding dengan keuntungan yang bisa didapatkan. Karena itu, kamu perlu terus mempelajari tekniknya jika ingin berinvestasi di pasar modal.

Investasi untuk Anak Muda (via Kompasiana)

4. Investasi Diri Sendiri

Namun, dari semua instrumen investasi di atas, yang paling penting bagi anak muda adalah berinvestasi pada diri sendiri. Investasi diri sendiri bisa berupa menambah dan meningkatkan skill yang kamu miliki. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam meningkatkan kemampuan, mulai dengan ikut kelas pembelajaran, hingga bergabung dalam suatu komunitas. Skill yang kamu miliki merupakan investasi jangka panjang. Dengan memiliki skill tertentu, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan di luar pendapatan utama.

Itulah investasi untuk anak muda yang bisa dilakukan tahun 2023. Initnya, kamu harus bisa melek kesempatan dan sebisa mungkin memanfaatkan peluang dan potensi saat ini demi masa depan yang lebih baik. Yuk, cerdas mengelola keuangan mulai saat ini!

Investasi untuk Anak Muda (via FWD)