Kurang Niat Hingga Enggak Disiplin, Ini 5 Alasan Tabungan Susah Terkumpul

Jika kamu termasuk orang yang susah menabung, yuk cari tahu alasan tabungan susah terkumpul agar kamu bisa memperbaikinya.

Memiliki tabungan itu penting karena bisa dijadikan sebagai dana darurat ketika kamu sedang dalam kesulitan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih mempunyai masalah untuk mengumpulkan tabungan.

Ada berbagai alasan tabungan susah terkumpul sehingga membuat kamu tidak mempunyai dana darurat. Kalau kamu termasuk orang yang susah mengumpulkan tabungan, yuk cari tahu alasannya berikut ini, agar kamu bisa memperbaikinya. Apa saja?

1. Niat Kurang Kuat

Meski terlihat sederhana, namun nyatanya dibutuhkan niat yang kuat untuk menabung. Jika niat dalam hatimu kurang kuat, maka kamu akan malas-malasan menabung atau mudah tergoda untuk membelanjakan uang yang kamu miliki.

Alasan Tabungan Susah Terkumpul (via Kompas Klasika)

2. Boros Saat Berbelanja

Jika kamu memiliki niat untuk menabung, maka sebaiknya bijaklah saat berbelanja. Kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu berapa biaya yang kamu butuhkan untuk belanja. Jangan sampai, kamu kalap dan enggak sadar kalau sudah menghabiskan separuh lebih uang dalam rekening kamu.

Kalau perlu kamu bisa mencatat apa saja yang akan kamu beli sebelum berangkat berbelanja. Ini akan memudahkan kamu untuk berbelanja sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Alasan Tabungan Susah Terkumpul (via OSC Medcom)

3. Memakai Tabungan Untuk Membayar Hutang

 

Selanjutnya alasan kenapa tabungan kamu susah terkumpul adalah kamu tidak mem-budget-kan uang untuk membayar hutang. Alhasil, uang yang harusnya kamu tabung harus rela dikorbankan untuk membayar hutang. Jadi habis deh tabungan kamu.

Alasan Tabungan Susah Terkumpul (via Okezone Economy)

4. Sering Mengambil Uang Tabungan

Mengambil uang tabungan saat terhimpit itu bukan sebuah kesalahan. Meski jumlah yang diambil sedikit, kalau terlalu sering diambil lama-kelamaan tabungan kamu akan habis. Jadi lebih baik catat tanggal setiap kamu mengambil tabungan. Agar kamu tahu posisi uang tabungan kamu.

Alasan Tabungan Susah Terkumpul (via ZUCKICI)

5. Kurang Disiplin

Menabung membutuhkan konsistensi yang tinggi untuk menyisihkan uang. Jadi setiap hari atau setiap bulan kamu harus disiplin memasukkan uang ke dalam tabungan kamu, berapa pun jumlahnya.

Jika kamu lengah, maka tabungan kamu akan sulit terkumpul. Kalau perlu kamu bisa membuat catatan harian, apakah hari ini sudah menabung atau belum.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja alasan tabungan susah terkumpul. Kalau kamu merasa melakukan hal-hal yang disebutkan tadi. Coba perbaiki mulai saat ini agar kamu bisa punya tabungan untuk masa depan.

Alasan Tabungan Susah Terkumpul (via IDX Channel)