Punya Pretasi Gemilang! Ini Alasan NewJeans Layak Disebut ' The Next Global Girlgrup' Setelah BLACKPINK

Alasan NewJeans disebut ‘The Next Global Girlgrup’ setelah BLACKPINK.

Popularitas BLACKPINK di industri musik global termasuk Amerika Serikat sudah tidak perlu diragukan lagi. Kontributor Forbes, Hugh McIntyre sampai melabeli grup beranggotakan Lisa, Jennie, Rose dan Jisoo ini sebagai biggest girl group dalam sesi wawancara pada Desember 2020. 

Pada April 2019, Forbes juga memasukan BLACKPINK ke dalam daftar 30 Under 30 Asia untuk kategori inovator di bidang hiburan dan olahraga. Menurut Forbes, BLACKPINK dengan cepat jadi girl group K-Pop yang raih chart tertinggi sepanjang masa di Hot Billboard 100 sejak debut pada 2016 lalu.

Tujuh bulan kemudian, Majalah Time juga memasukan nama BLACKPINK ke dalam daftar 100 Next tahun 2019. Di mana, daftar tersebut memuat 100 bintang yang sedang naik daun dan akan 'membentuk masa depan' dalam bidang bisnis, hiburan, olahraga, politik, ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi.

Singkat kata, Jisoo, Jennie, Rose dan Lisa kini bukan sekadar penyanyi dan penari. Mereka sudah berubah menjadi idola global. Bahkan masing-masing member juga dipercaya menjadi brand ambassador global untuk brand-brand mewah seperti Celine, Chanel, Dior dan Saint Laurent.

Seiring dengan ini, publik kini menyoroti ketenaran girlgrup NewJeans. Grup asuhan HYBE tersebut ramai disebut layak disebut sebagai 'The Next Global Girlgrup' setelah BLACKPINK. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian-pencapaian yang diraih oleh NewJeans.

'Attention' menjadi karya pertama grup beranggotakan Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein ini yang mencuri perhatian publik. Dalam waktu kurang dari dua minggu, NewJeans merilis 3 single yang membentuk mini album yang terdiri dari 4 lagu debut, yang semuanya menjadi hit besar.

BLACKPINK Jadi Brand Ambassador Global (Berbagai Sumber)

Hanya dalam 5 bulan setelah debut, NewJeans mencapai 17,5 juta pendengar bulanan di Spotify dan masuk jadi salah satu grup pendatang baru teratas. Di Korea, NewJeans raih prestasi membanggakan setelah 'Attention' dan 'Hybe Boy' bergantian menempati posisi pertama di chart Melon #1 selama beberapa hari berturut-turut. 

NewJeans juga mencetak rekor Real-time All Kill (#1 dari semua grafik digital secara bersamaan). Terbaru, NewJeans menempati tiga tempat teratas dengan lagu 'Ditto', 'OMG' dan 'Hybe Boy' di chart Melon mingguan. Mereka jadi grup rookie pertama sekaligus artis ke-6 yang mendapat tiga posisi di tangga lagu Korea.

Lagu terbarunya, 'Ditto' juga menjadi bukti kesuksesan luar biasa yang menegaskan status NewJeans. Dalam waktu 15 jam dirilis, lagu itu menduduki peringkat pertama di semua tangga lagu Korea dan membuat mereka menjadi girl grup tercepat yang mencapai RAK dalam sejarah.

Penampilan NewJeans Dalam Lagu Ditto (Instagram)

Lagu 'Ditto' juga jadi lagu pertama NewJeans yang menerima Perfect All Kill (PAK) dan menjadi yang tercepat di tahun 2022 karena hanya membutuhkan waktu 6 hari. NewJeans membuat diri mereka dikenal sebagai salah satu girl grup tercepat yang pernah menerima PAK dalam sejarah K-pop setelah 146 hari setelah debut.

Tak hanya itu, 'Ditto' juga membawa NewJeans ke Billboard Hot 100 dan menempati posisi ke-96. Pencapaian ini juga menjadikan NewJeans sebagai artis K-pop tercepat yang memiliki lagu di Hot 100 setelah 5 bulan debut. Kesuksesan ini tidak lepas dari peran Min Hee Jee, CEO ADOR, sub-label HYBE yang pernah bekerja di SM.

Nama 'NewJeans' dipilih sebagai ekspresi dari ambisi Hee Jin untuk menggabungkan fashion dan musik. Mantan direktur kreatif SM ini mengambil kendali kreatif atas musik dan citra grup melalui fashion kelas atas dan musik trendi. Dengan Y2K sebagai semangat utama, NewJeans dibangun sebagai girl grup trendsetter.

Newjeans - CEO ADOR, Min Hee Jin (Berbagai Sumber)

Upaya Min Hee Jin ini membuahkan hasil setelah NewJeans masuk ke majalah mode tak lama setelah debut. Selain itu, para member sudah mendapatkan kontak dengan merek-merek fashion kelas atas, di mana, 3 dari 5 anggota sudah diumumkan sebagai duta merek-merek mewah. 

Meskipun arah NewJeans ini bukan hal baru di K-pop, tapi grup tersebut berhasil membuat tanda mereka sendiri di industri tersebut. Kalau menurut kamu bagaimana nih, sudah layak kah NewJeans disebut 'The Next Global Girlgrup' Setelah BLACKPINK?

Member NewJeans Jadi Brand Ambassador (Berbagai Sumber)