Besaran Gaji Pawang Harimau di Kebun Binatang, Kerja dengan Risiko Besar

Risiko kerja menjadi pawang harimau di kebun binatang cukup besar. Berapa gaji pawang harimau?

Harimau yang ada di kebun binatang biasanya memiliki pawang harimau karena termasuk hewan yang buas. Risiko kerja jadi pawang harimau di kebun binatang sangat besar. Gaji pawang harimau di kebun binatang di luar negeri dan Indonesia tentu berbeda-beda. Berapa kisaran jumlah gaji para pawang harimau?

Melansir dari iNews, gaji pawang harimau bervariasi. Di luar negeri, seseorang pawang harimau yang khusus mengasuh hewan berkaki empat itu bisa mengantongi gaji sebesar 34.780 USD atau sekitar Rp 499,6 juta per tahun atau dalam sebulan berkisar dapat gaji Rp 40 juta lebih. Sangat besar bukan?

Bagaimana dengan gaji pawang harimau di kebun binatang di Indonesia. Menurut situs laman pencari kerja, pawang harimau termasuk merawat harimau mendapatkan gaji yang berkisar dari Rp 2,7 juta hingga R 5 juta per bulan. Gaji itu biasanya diberikan saat awal kerja, namun setelah bekerja selama lebih dari 5 tahun maka gajinya akan bertambah. 

Gaji pawang harimau yang didapatkan dengan waktu kerja minimal selama 40 jam dalam seminggu atau 8 jam sehari. Apakah mudah untuk menjadi seorang pawang harimau? Sebelum resmi jadi pawang harimau, seorang calon pawang harimau harus melakukan beberapa pelatihan untuk mengenalkan jenis satwa di kebun binatang, terutama harimau. 

Saat menjalani proses karantina, seorang calon pawang harimau harus bisa mendekatkan diri dengan harimau, mulai dari memberi makanan dan melakukan monitor di kandang harimau secara langsung. Tidak sedikit pawang harimau yang mendapatkan serangan dari harimau yang mungkin belum jinak.

Beberapa cara dilakukan pawang harimau untuk bisa “mendapatkan hati” dari harimau. Salah satunya adalah dengan memiliki kumis harimau. Kumis harimau seakan menjadi jimat ampuh supaya pawang harimau tidak diserang oleh harimau. 

Kumis harimau itu dimasukkan ke plastik kecil dan dikantongi. Harimau meski tidak terlihat namun bisa mencium adanya kumis harimau karena memiliki indera penciuman yang cukup kuat. Konon jika harimau melihat orang yang membawa kumis harimau, hewan itu tidak akan mengganggu atau menyerang manusia tersebut.

Gaji Pawang Harimau (Tribun Jakarta)

Selain membawa kumis harimau, ada juga pawang yang sejak harimau masih bayi sudah mengasuhnya dengan memberikan susu, makanan, dan mengajak bermain. Bahkan ada pawang harimau yang berani untuk tidur bersama bayi harimau. Itu dilakukan untuk menjaga kedekatan emosi sehingga pawang itu tidak diserang oleh harimau ketika harimau sudah dewasa.

Itulah cerita tentang kerja sebagai pawang harimau. Gaji pawang harimau memang berbeda-beda. Tak ayal banyak pengunjung kebun binatang menganggap pekerjaan sebagai pawang hujan bukan profesi yang mudah karena bisa mengancam nyawa seseorang.

Gaji Pawang Harimau (Koran Elektronik)