Cara Melatih Kesabaran Anak, Yuk Mulai dengan 3 Hal Sederhana Ini

Bagaimana sih cara melatih kesabaran anak? Sebelum terlalu terlambat, yuk coba trik parenting sederhana berikut ini!

Bagaimana sih cara melatih kesabaran anak? Faktanya, sikap mampu bersabar merupakan hal penting, bukan hanya bagi orang tua, namun juga anak. Melatih kesabaran anak memang memerlukan trik dan proses agar orang tua bukan malah terpacu emosinya saat mengajarkan kesabaran pada anak. Agar proses melatih kesabaran anak menjadi efektif, kamu bisa mengikuti 3 cara berikut ini!

1. Memberi Contoh

Anak adalah peniru ulung, karena itulah orang tua perlu mengajarkan segala hal sejak dini, termasuk mengajarkan kesabaran. Dasar dari melatih kesabaran ke anak adalah, orang tua harus lebih dulu mencontohkan bagaimana cara bersabar. Wujudkan sikap sabar dalam kehidupan sehari-hari agar anak bisa langsung meniru bagaimana bersikap sabar.

Misalkan saja anak meminta bantuan untuk mengambilkan mainan sedangkan kamu sedang melakukan sesuatu. Maka, sampaikan dengan nada yang lembut dan ekspresi tenang bahwa kamu akan membantu dan menemaninya bermain setelah apa yang kamu lakukan selesai.

Cara ini akan membuat anak memahami dan belajar bahwa ia harus menunggu, sekaligus juga melatih anak untuk tidak merengek saat meminta sesuatu. Dengan menanggapi perilaku anak secara tenang, anak pun terlatih untuk tidak memaksakan keinginannya dan bertindak semaunya.

Cara Melatih Kesabaran Anak (via Klik Dokter)

2. Tunda Keinginan Anak dengan Sengaja

Ada kalanya anak memiliki keinginan yang sangat kuat hingga merasa harus dituruti, bahkan bisa sampai membuatnya marah jika tidak segera mendapatkannya. Sebelum sikap ini berlarut-larut dan sulit dikendalikan, orang tua perlu mengajarkan kesabaran pada anak.

Cara yang bisa dilakukan adalah menunda apa yang anak inginkan dengan sengaja. Berikan pemahaman bahwa menginginkan sesuatu juga harus melalui proses untuk mendapatkannya. Dalam prosesnya, orang tua bisa mengalami kesulitan seperti anak yang berubah tantrum. Namun, cara seperti ini akan mengajarkan anak untuk lebih bersabar ketika menginginkan sesuatu.

Cara Melatih Kesabaran Anak (via Her Story)

3. Beri Latihan Langsung

Cara lain untuk melatih kesabaran anak adalah dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berlatih sabar dan menunggu. Dalam proses menunggu, ajak anak-anak untuk mengalihkan perhatian dengan bernyanyi atau melakukan aktivitas seru.

Misalnya saja, ajak anak-anak untuk mengantre di mini market. Sampaikan untuk menunggu dalam antrian. Agar anak sabar menunggu, ajak anak untuk mengalihkan perhatiannya misalnya dengan menghitung coklat yang ada di rak kasir.

Ulangi terus-menerus, maka anak akan terlatih dengan sendirinya untuk mengalihkan perhatian. Anak akan merespon kata-kata ‘tunggu’ dan mencari cara atau aktivitas lain selama menunggu hingga akhirnya orangtuanya meresponsnya atau memenuhi permintaannya.

Itulah 3 cara sederhana untuk mengajarkan kesabaran pada anak. Menanamkan sikap positif pada anak tentunya memerlukan proses dan berulang kegagalan. Namun jangan menyerah, kamu pasti bisa melatih anak untuk menjadi lebih sabar.

Cara Melatih Kesabaran Anak (via Parenting)