6 Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak, Selamat Tinggal Masalah Tidur!

Adakah rekomendasi aromaterapi untuk tidur nyenyak sehingga bangun kembali segar? Coba deh simak penjelasan berikut ini!

 

Adakah rekomendasi aromaterapi untuk tidur nyenyak sehingga bangun kembali segar? Jika kamu mengalami gangguan tidur seperti tidur tidak nyenyak dan sering terbangun, maka kamu perlu mencoba menggunakan minyak esensial sebagai aromaterapi.

Aromaterapi merupakan terapi alami yang memanfaatkan wewangian yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Untuk membantu tidur lebih nyenyak, ada berbagai minyak esensial yang bisa kamu gunakan, berikut beberapa di antaranya!

1. Lavender

Lavender (Lavandula angustifolia) sudah dikenal luas dapat membantu mengatasi masalah tidur. Banyak riset menunjukkan efek positif lavender bagi orang yang susah tidur diantaranya adalah tidur yang lebih baik bagi mereka yang memiliki insomnia ringan, meningkatkan kualitas tidur lebih baik hingga mampu mampu menenangkan sistem saraf.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Kompas)

2. Mawar

Selain lavender, aroma mawar juga dapat membantumu tidur lebih nyenyak. Aroma mawar dipercaya memiliki efek penenang sehingga dapat membantu kamu merasa nyaman dan mengantuk hingga akhirnya tertidur.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Tempo)

3. Chamomile

Chamomile bisa menjadi salah satu alternatif aromaterapi untuk membantumu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa memadukan menyeduh teh chamomile dan menyalakan lilin aromaterapi beraroma sama. Paduan ini bisa menjadi cara sempurna untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Aroma chamomile dapat memberi ketenangan sekaligus meredakan stres.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Dokter Sehat)

4. Vanilla

Vanilla memiliki aroma yang lembut dan menenangkan sehingga aroma vanilla dikenal bisa membantu relaksasi dan meredakan stres. Selain itu, vanilla dikenal memiliki efek menenangkan sistem saraf, dan menurunkan tekanan darah. Karena itu menghirup aroma vanilla sebelum tidur dapat membantumu untuk lebih santai dan tidur lebih nyenyak.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Shopee)

5. Sandalwood (Cendana)

Aroma lain yang bisa membantumu rileks di malam hari adalah aroma sandalwood. Dengan perpaduan aroma kayu dan tanah, sandalwood ini dipercaya punya efek menenangkan dan meredakan kegelisahan. Selain itu, sandalwood juga sangat efektif meredakan gejala kegelisahan sehingga dapat mengurangi waktu terjaga di malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Orami)

6. Melati

Siapa yang tidak kenal melati? Bunga ini memiliki aroma khas yang manis. Aroma tersebut ternyata bisa membantu membuatmu tidur lebih nyenyak. Aroma melati juga terbukti mampu menurunkan kegelisahan. Nyalakan lilin aromaterapi melati sebelum tidur, maka kamu akan tidur dengan lebih nyenyak tanpa terbangun di malam hari.

Itulah beberapa aromaterapi yang dikenal manfaatnya untuk membantu tidur lebih nyenyak. Kamu bisa menggunakan lilin aromaterapi ataupun minyak esensial yang telah dicampurkan dalam bak mandi (bathtub), atau dilarutkan pada diffuser.

Rekomendasi Aromaterapi untuk Tidur Lebih Nyenyak (via Faktualid)