5 Tradisi Unik Imlek di Indonesia, Sudah Tahu Belum?

Tahukah kamu bahwa ada tradisi unik Imlek di Indonesia? Jika kamu penasaran, yuk simak ulasan berikut ini!

Tahukah kamu bahwa ada tradisi unik Imlek di Indonesia? Tahun Baru Cina atau Imlek merupakan momen penting bagi warga Tionghoa. Sebab melalui Imlek diharapkan orang Cina akan mendapatkan keberuntungan sepanjang tahun. Bahkan ada sejumlah tradisi unik Imlek yang tidak pernah ketinggalan agar hidup selalu berada dalam keberuntungan.

Meski demikian, kamu mungkin akan menemukan sejumlah tradisi yang berbeda saat momen ini dirayakan di Indonesia. Lantas, apa saja tradisi unik Imlek yang nggak pernah ketinggalan saat perayaan Tahun Baru Cina yang digelar di Indonesia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Membereskan Rumah

Membereskan rumah menjadi satu hal yang wajib dilakukan, terlebih menjelang Imlek. Sebab, kegiatan ini dipercaya dapat membuang sial dan nasi buruk dari rumah selama setahun ke depan.

Meski demikian, kegiatan berberes ini ada pantangannya juga lho. Menyapu rumah menjelang Imlek adalah pantangan selama Imlek. Sebab, menyapu rumah diartikan seperti membuang rezeki yang akan datang. Wah, jangan asal berberes kalau gitu!

Tradisi Unik Imlek di Indonesia (via Sindo News)

2. Menyiapkan Hidangan Khas Imlek

Hidangan khas Imlek tentu bukan seperti makanan yang tersaji sehari-hari. Biasanya saat Imlek akan hadir beberapa makanan khas Imlek seperti pangsit dan dumpling, siu mie, lumpia, dan lainnya.

Tidak hanya itu, beberapa kue juga turut memeriahkan perayaan Imlek yakni kue keranjang, kue mangkok, manisan, dan buah-buahan. Makanan-makanan tersebut hadir bukan tanpa makna, tapi masing-masing punya makna tersendiri yang berhubungan dengan nasib setahun mendatang.

Tradisi Unik Imlek di Indonesia (via Tokopedia)

3. Makan Bersama Keluarga Besar

Imlek adalah momen yang dimanfaatkan untuk kumpul keluarga besar. Tidak hanya bertukar kado, namun menyantap hidangan khas Imlek juga sudah menjadi tradisi warga Tionghoa saat Imlek. Sama seperti tradisi tahun baru dalam kepercayaan lain, tujuannya tak lain adalah berbagi kebahagiaan dan harapan dengan keluarga agar mendapat kebaikan pada tahun yang baru.

Tradisi Unik Imlek di Indonesia (via Popmama)

4. Berdoa pada Leluhur

Bagi masyarakat Tionghoa yang beragama Konghucu, mereka akan pergi ke kelenteng untuk berdoa. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati arwah para leluhur. Jika tidak berkunjung ke kelenteng, biasanya mereka sudah menyiapkan persembahan makanan serta menyalakan dupa dan lilin.

Tradisi Unik Imlek di Indonesia (via Tribunnews)

5. Bagi-Bagi Angpao

Wah, kalau tradisi yang satu ini adalah yang paling ditunggu pastinya. Berbagi angpao adalah tradisi unik Imlek yang nggak boleh dilewatkan. Namun yang boleh membagikan angpao adalah mereka yang sudah menikah. Bagi yang masih single, cukup menerima angpao saja.

Nah, itu tadi lima tradisi unik Imlek di Indonesia yang suka dilakukan bersama keluarga besar. Apakah kebiasaan di atas juga kamu lakukan dalam keluargamu? Yuk ceritakan juga pengalamanmu!

Tradisi Unik Imlek di Indonesia (via Sindonews)