Adu Kekayaan Calon Ketum PSSI, Erick Thohir Terdepan

Erick Thohir menjadi calon ketum PSSI. Ia memiliki pesaing lainnya. Lalu berapa kekayaan calon ketum PSSI tersebut.

Ketua umum (ketum) PSSI Mochamad Iriawan akan mengakhiri masa jabatan sebagai Ketum PSSI pada tahun 2023 ini. Beberapa nama resmi jadi calon ketum PSSI. Hingga Minggu (15/1) ada dua nama yang sudah mendaftarkan diri yakni La Nyalla Matalitti dan Erick Thohir. La Nyalla dan Erick memiliki kans yang sama untuk jadi orang nomor satu di PSSI. Yang menarik adalah sebesar apa kekayaan calon ketum PSSI tersebut.

La Nyalla dan Erick memiliki pengalaman dalam bidang sepak bola. La Nyalla yang saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pernah menjadi Ketua Umum PSSI pada periode 2015-2016. Sepertinya La Nyalla ingin kembali menjadi nahkoda PSSI untuk yang kedua kalinya.

Sementara Erick meski belum pernah jadi ketum PSSI, namun Menteri BUMN ini punya pengalaman sebagai Presiden Inter Milan dan memiliki saham di klub sepak bola di Eropa dan Amerika. Karena sama-sama memiiki peluang besar jadi ketum PSSI, kira-kira La Nyalla dan Erick lebih kaya siapa ya? 

Melansir dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2020 silam, La Nyalla memiliki kekayaan sebesar Rp 141 miliar. Dengan modal kekayaan calon ketum PSSI seperti itu sepertinya La Nyalla bisa bersaing sebagai calon ketum PSSI menghadapi pesaingnya. 

Kepada wartawan usai mendaftar, La Nyalla mengatakan ingin mengulang sejumlah prestasi untuk timnas sepak bola Indonesia saat ia menjabat ketua umum PSSI. Salah satu program yang berhasil kala itu ialah pembinaan pemain muda yang dianggapnya berjalan baik, pembinaan wasit, dan PSSI punya kantor mewah.

“Ketika saya mendaftarkan diri, saya tidak melihat siapa dia. Yang penting adalah saya mau bekerja untuk PSSI agar bisa kembali berjaya,” tutur La Nyalla. Sebagai manusia dia hanya berusaha dan berdoa semoga keinginannya menjadi ketua umum PSSI bisa terwujud dalam Kongres Luar Biasa PSSI pada bulan Februari 2023 mendatang.

Kekayaan Calon Ketum PSSI (Kompas.com)

Jika kekayaan La Nyalla mencapai Rp 141 miliar, Erick punya harta jauh lebih besar dibandingkan La Nyalla. Pria yang masuk dalam jajaran konglomerat di Indonesia ini tercatat memiliki harta kekayaan mencapai Rp 2,31 triliun. Kekayaan Erick ditaksir akan bertambah karena ia memiliki beberapa kerajaan bisnis. 

Saat mendaftar jadi calon ketum PSSI, Erick didampingi sejumlah nama-nama besar seperti Kaesang Pangarep, Raffi Ahmad, Baim Wong, hingga Atta Halilintar. Erick punya misi besar untuk memperbaiki sepak bola Indonesia menuju sepak bola yang bersih dan juga banyak prestasinya.

Kekayaan calon ketum PSSI tersebut bisa jadi modal untuk menjalani kampanye agar bisa terpilih menjadi ketum PSSI pada periode 2023-2027. Meskipun ada pihak yang menilai calon ketum PSSI yang merupakan politisi kadang bisa membuat sepak bola di Indonesia akan tercium aroma politik yang begitu kencang.

Kekayaan Calon Ketum PSSI (Detikcom)