Dijamin Bebas Apek, Begini Lho Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan

Para emak-emak wajib tahu bagaimana cara mencuci pakaian saat musim hujan agar bebas apek. Yuk intip ulasan berikut ini!

Para emak-emak wajib tahu bagaimana cara mencuci pakaian saat musim hujan agar bebas apek. Pasalnya ketika musim hujan tiba, pakaian yang dicuci menjadi susah kering karena minimnya cahaya matahari.

Akibatnya, pakaian yang sudah dicuci tadi menjadi berbau apek dan harus dicuci lagi agar wangi. Duh, capek banget deh harus kerja dobel hampir setiap hari! Nah, agar mencuci pakaian saat musim hujan menjadi lebih efektif dan wangi. Coba lakukan beberapa tips berikut ini. Dijamin pakaian bebas apek deh meski dijemur tanpa matahari.

1. Jangan Rendam Cucian Terlalu Lama

Ketika musim hujan tiba, sebaiknya kamu tidak merendam cucian ke dalam sabun terlalu lama. Sebab, hal tersebut akan membuat bau menempel pada baju. Merendam pakaian selama 30 menit rasanya sudah cukup untuk mengangkat kotoran pada pakaian. Jika memang tidak berencana mencuci dalam waktu dekat, sebaiknya angina-anginkan dulu dan jangan buru-buru direndam.

Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan (via Kompas)

2. Cuci di Air Mengalir

Salah satu alasan baju jadi apek adalah adanya kotoran yang masih tertinggal usai dicuci. Karenanya, mencuci pakaian memang sebaiknya menggunakan air yang mengalir agar kotoran dan bakteri ikut hanyut bersama aliran air yang deras saat mencuci. 

Jika kamu menggunakan mesin cuci, maka jangan lupa membilas pakaian hingga tak ada sabun tersisa agar tidak menjadi bau nantinya. Tapi untungnya teknologi mesin cuci sekarang cukup mumpuni untuk menghilangkan kotoran hingga tuntas.

Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan (via Dekoruma)

3. Gunakan Pewangi Pakaian

Saat ini sudah banyak sabun cuci yang sudah menjadi satu dengan pewangi pakaian. Kamu bisa memilih jenis sabun cuci baju yang seperti itu. Atau kamu bisa menggunakan pewangi pakaian sendiri kalau kamu ingin pakaian yang kamu cuci menjadi lebih wangi.

Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan (via CNN)

4. Gunakan Pengering Mesin Cuci

Semua pasti tahu kalau setiap mesin cuci memiliki fitur pengering pakaian yang berguna untuk memeras air cucian hingga kering atau setengah kering. Nah, kamu bisa memaksimalkan fitur pengering tersebut secara maksimal. Kemudian jemur pakaian yang sudah dikeringkan tadi dengan menggantungnya di tempat terbuka agar mendapatkan sirkulasi angin yang baik. 

Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan (via Sonora)

5. Jemur dengan Hanger

Cara terakhir agar pakaianmu tidak bau apek setelah dicuci adalah dengan menjemur pakaian menggunakan hanger. Renggangkan pakaian yang dijemur, jangan terlalu dekat. Hal ini bertujuan agar pakaian yang dijemur mendapatkan sirkulasi angin yang baik. Sehingga tidak lembab.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mencuci pakaian saat musim hujan agar bebas apek. Pastikan kamu melakukannya dengan benar agar kamu nggak perlu mencucinya berkali-kali. Selamat mencoba!

Cara Mencuci Pakaian Saat Musim Hujan (via Popmama)