Sempat Berseteru, 11 Member OMEGA X Bisa Bernapas Lega Usai Menang Gugatan Lawan Spire Entertainment

Sempat Berseteru, 11 Member OMEGA X Bisa Bernapas Lega Usai Menang Gugatan Lawan Spire Entertainment

OMEGA X akhirnya memenangkan gugatan melawan agensinya, Spire Entertainment. Diketahui, OMEGA X sempat berseteru dengan agensi yang menaunginya. Permasalahan ini bermula setelah muncul dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh CEO agensi pada para member.

Kini, kasus tersebut sudah menemukan titik terangnya. Pada Rabu, 11 Januari 2023, Departemen Urusan Sipil ke-21 Pengadilan Distrik Timur Seoul memutuskan untuk mendukung OMEGA X dalam menangguhkan validitas kontrak eksklusif untuk 11 member. 

Pengadilan memenangkan OMEGA X berdasarkan premis kesulitan menjaga kepercayaan antara agensi dan artis. Keputusan ini akan memungkinkan seluruh anggota OMEGA X untuk melanjutkan aktivitas hiburan mereka dengan bebas tanpa batasan dari agensi mereka.

Pengadilan Distrik Timur Seoul menyatakan, "Kami telah menilai bahwa hubungan dasar kepercayaan telah hilang dan sulit untuk mempertahankan hubungan kontraktual yang normal saat ini. Jika kontrak tetap berlaku, aktivitas hiburan para anggota diperkirakan akan sangat dibatasi."

Tidak hanya itu saja, pengadilan juga mengakui kekerasan verbal dan fisik yang dialami member OMEGA X tidak disengaja. Selain itu, mantan CEO Kang beberapa kali menggunakan penangguhan aktivitas mereka untuk mengancam para member OMEGA X. 

Mereka juga mencatat bahwa kepercayaan antara member OMEGA X dan mantan CEO Kang sudah tidak bisa diperbaiki karena melanggar hak-hak pribadi member. Agensi juga terbukti membatalkan tiket penerbangan member untuk kembali ke Korea Selatan setelah konser mereka di Amerika Serikat.

OMEGA X dan CEO Kang (Tribun)

Seiring dengan keputusan pengadilan ini, member OMEGA X sempat memposting pemberitahuan melalui laman Instagramnya. Mereka menyampaikan terima kasih pada FOR X (sebutan fans OMEGA X) yang tetap memberikan dukungan sehingga mereka punya keberanian dalam menghadapi permasalahan ini. 

"Halo, kami OMEGA X. Kami telah memenangkan keputusan melawan agensi hari ini untuk menangguhkan validitas kontrak eksklusif kami dengan mereka," kata OMEGA X. "Kami sangat mencintai semua FOR X, terima kasih. Kami akan membalas kalian dengan musik yang lebih baik dan penampilan yang hebat. Terima kasih. OMEGA X (love) FOR X," tandasnya.

Sebagai informasi, OMEGA X viral setelah beredar video saat para member dipukuli oleh CEO Kang saat konser di Amerika Serikat. Sampai akhirnya pada awal November tahun lalu, 11 anggota OMEGA X menggelar konferensi pers dan mengungkapkan bahwa selama ini mereka sudah dilecehkan dan diserang secara verbal oleh CEO Kang. 

OMEGA X Saat Konferensi Pers (Soompi)

Para member juga mengklaim mereka dipaksa untuk melakukan tindakan seperti minum alkohol, kontak seksual dan tetap konser walaupun positif Covid-19. Karena hal ini, mereka memutuskan untuk mengajukan perintah untuk menangguhkan keabsahan kontrak eksklusif mereka, 

Menyusul serangkaian pengungkapan fakta perlakuan agensi pada grup, CEO Kang sudah mengundurkan diri dari posisinya. OMEGA X kini sudah bisa kembali melanjutkan aktivitas di dunia hiburan dengan bebas tanpa batasan dari agensi. Selamat berkarya lagi, OMEGA X!

Video Viral Saat CEO Kang Memukul OMEGA X (The Star)