Para Perempuan Wajib Tahu, 5 Cara Mudah Mengatasi Skin Barrier yang Rusak

Ketika lapisan kulit terluar ini rusdak, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi skin barrier yang rusak.

Cara mengatasi skin barrier rusak memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebagaimana diketahui, kulit merupakan lapisan terluar tubuh yang melindungi dari paparan bahaya luar seperti sinar matahari, debu, dan bakteri. Lapisan terluar kulit disebut skin barrier atau lapisan pelindung kulit.

Skin barrier terdiri dari lapisan sel kulit yang tersusun rapat, yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap paparan bahaya luar. Apabila skin barrier rusak, kulit akan menjadi lebih rentan terhadap iritasi, peradangan, dan infeksi. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi skin barrier yang rusak:

1. Hentikan Eksfoliasi

Langkah pertama untuk mengatasi skin barrier yang rusak adalah dengan melewati tahapan eksfoliasi pada rangkaian skincare mingguan untuk sementara waktu. Hal ini berguna agar proses pemulihan kulit lebih cepat. Normalnya, pemulihan skin barrier berlangsung selama 6 minggu. Jika kondisi kulit mulai membaik, kamu bisa kembali melakukan rutinitas ini, namun dengan cara yang aman.

Mengatasi Skin Barrier yang Rusak (via Stylo)

2. Gunakan Sunscreen

Langkah selanjutnya adalah hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Sinar matahari dapat merusak skin barrier dan menyebabkan kerusakan DNA pada sel kulit. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV, sehingga kamu bisa mengurangi risiko kerusakan skin barrier serta penuaan kulit. Gunakan sunscreen sebanyak 2 jari untuk wajah dan leher setiap hari, terutama jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan.

Mengatasi Skin Barrier yang Rusak (via Kompas Health)

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Produk skincare yang terlalu keras dapat merusak skin barrier, karena itu sebaiknya gunakan produk yang hypoallergenic (tidak menyebabkan iritasi) dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori).

Pilihlah bahan-bahan anti radang seperti daun pegagan atau centella asiatica, chamomile, lidah buaya. Selain itu, gunakan bahan-bahan yang bisa memperkuat lapisan pelindung kulit seperti ceramide dan niacinamide.

Mengatasi Skin Barrier yang Rusak (via Astronauts)

4. Gunakan Pelembab yang Tepat

Untuk membantu mengembalikan skin barrier yang sehat, kamu bisa menggunakan pelembab pelembab yang membantu menjaga kelembaban kulit dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan aplikasikan setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan sunscreen.

Mengatasi Skin Barrier yang Rusak (via Sonora)

5. Konsumsi Makanan yang Sehat

Asupan makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki skin barrier yang rusak. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti sayuran dan buah-buahan.

Itulah 5 cara mengatasi skin barrier yang rusak. Perlu diingat, lebih baik meninggalkan berbagai serum yang bersifat keras sampai skin barrier kulitmu sehat kembali. Yuk sayangi kulitmu dari sekarang!

Mengatasi Skin Barrier yang Rusak (via ANTARA News)