Ada 3 Kebiasaan Aneh Yunani Kuno yang Tidak Lazim Dilakukan di Zaman Sekarang

Pernahkah kamu berpikir bahwa ada kebiasaan aneh Yunani kuno yang menurutmu normal dilakukan zaman dahulu namun agak menjijikkan jika dilakukan sekarang?

Mendengar kata Yunani Kuno, apa yang bisa langsung kamu pikirkan? Mungkin peradaban yang maju, ya. Namun pernahkah kamu terpikir bahwa ada kebiasaan aneh yunani kuno yang sering mereka lakukan? Kebiasaan tersebut akan terasa aneh jika dibandingkan dengan kehidupan zaman sekarang, bahkan terkesan menjijikkan. Apa sajakah? Yuk, simak informasinya:

1. Kebiasaan Kencan

Dalam hal menjalin hubungan, orang Yunani Kuno cukup konservatif. Seorang pria yang memiliki reputasi baik akan menikahi perempuan dari latar belakang yang sama. Perselingkuhan juga tidak disukai saat itu.

Namun selain hubungan ‘normal’ di atas, pria Yunani kuno juga berkencan dengan anak laki-laki yang lebih muda. Hubungan ini tidak terbatas pada hubungan percintaan saja, namun pria yang lebih tua juga bertindak sebagai mentor bagi anak laki-laki yang dipilihnya.

Namun hubungan seperti ini tidak berlangsung selamanya. Biasanya hubungan percintaan itu akan berakhir ketika anak laki-laki itu mulai menumbuhkan rambut wajah. Wah, bikin enggak bisa berkata-kata, ya!

Kebiasaan Aneh Yunani Kuno (via Liputan6)

2. Keringat Atlet

Masyarakat Yunani kuno sangat memuja atlet yang bersinar saat itu. Bentuk pemujaan ini bahkan terasa sangat berlebihan jika dibandingkan dengan zaman sekarang. Saat itu, mereka mengumpulkan tanda mata dari atlet pujaannya hingga pada hal yang aneh, yaitu keringat.

Menurut kepercayaan saat itu, keringat seorang atlet memiliki khasiat obat. Karena ini, masyarakat kemudian berbondong-bondong meminta keringat dan juga mengumpulkan minyak yang digunakan atlet. Mereka menggunakannya untuk berbagai keperluan. Jangan-jangan keringat itu memang untuk dikonsumsi. Apa pendapat kalian?

Kebiasaan Aneh Yunani Kuno (via National Geographic Indonesia)

3. Cara Tabib Mendiagnosa Penyakit

Pengobatan di zaman Yunani kuno sangat berbeda dengan zaman modern, dalam banyak catatan sebagian besar cara pengobatannya tampak menjijikkan. Pengobatan di Yunani Kuno memiliki gagasan bahwa tubuh manusia terdiri dari berbagai cairan. Karena itu dalam mendiagnosa, seorang tabib meneliti seperti apa bentuknya dan rasa cairan yang ada dalam tubuh pasien.

Jika pasien sakit hingga muntah, maka tabib akan memeriksa muntah dan bahkan mencicipinya untuk membuat diagnosis. Lalu jika pasien sakit kepala, tabib akan mengorek telinga pasien dan mengambil kotorannya. Diagnosis dilakukan setelah ia mencicipi kotoran dari telinga.

Itulah kebiasaan aneh Yunani kuno yang sering dilakukan oleh mereka di zaman dahulu. Meskipun terasa aneh dan terlihat menjijikan di masa sekarang, namun kebiasaan tersebut dianggap normal di masa itu. Wah, ada-ada saja ya! Kira-kira masih ada yang melakukannya hingga sekarang enggak?

Kebiasaan Aneh Yunani Kuno (via Inhiklik)