Dilengkapi Fasilitas Eksekutif, Yuk Intip Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic!

Penasaran harga tiket dan jadwal kereta api Panoramic yang kini sedang jadi trending topic? Yuk intip informasinya di sini!

Berapa harga tiket dan jadwal kereta api Panoramic? Bagaimana cara memesannya? Pertanyaan-pertanyaan itu pastinya muncul sehubungan dengan diluncurkannya Panoramic sebagai armada baru PT KAI (Kereta Api Indonesia). Alat transportasi ini diresmikan pada 24 Desember 2023 lalu, dan hanya beroperasi hingga 8 Januari 2023.

Bagi yang belum tahu, kereta api ini memang diluncurkan dalam rangka mendukung liburan Natal dan Tahun Baru, dan hingga saat ini beroperasi dengan dua armada. Pengoperasiannya pun tidak sendirian, melainkan ditempelkan pada kereta api Taksaka Tambahan yang melayani rute Gambir (Jakarta) – Yogyakarta (PP). 

Walaupun tidak beroperasi sendiri, namun gerbong ini ternyata mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Pasalnya, desain interiornya sangat classy dan menyediakan fasilitas eksekutif untuk penumpang. Penasaran kan seluk beluk kereta ini? Yuk intip fakta-fakta tentangnya, termasuk harga tiket dan jadwal kereta api Panoramic!

Harga Tiket Kereta Api Panoramic

Karena menyediakan fasilitas berkelas eksekutif, harga yang dipatok untuk Panoramic memang cukup tinggi, yaitu mencapai Rp1 juta per kursi. Tiket dapat dibeli secara online melalui KAI Access atau platform penjualan tiket resmi KAI, booking.kai.id. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kereta ini melayani tujuan Jakarta-Yogyakarta PP. Lalu fasilitas apa saja yang diperoleh dengan harga sekian? Lanjut ke pembahasan berikutnya!

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic (via Sindonews)

Fasilitas Berkelas Eksekutif

Pihak KAI pastinya tidak asal menetapkan harga. Tiket yang dibandrol cukup mahal ternyata sepadan dengan fasilitas yang diberikan, mulai dari tempat duduk yang nyaman dan jendela besar yang memungkinkan penumpang menikmati pemandangan luar dengan leluasa sepanjang perjalanan. 

Selain itu, kereta juga memiliki atap kaca memanjang dari depan ke belakang yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis. Belum lagi, desain interiornya juga cukup berkelas sehingga membuat siapun serasa menikmati perjalanan super mewah. Selain itu, terdapat beberapa fasilitas pendukung lain, yaitu:

  • Kursi yang didesain sangat nyaman untuk perjalanan jauh
  • Tirai jendela yang dapat dioperasikan dengan remote
  • Televisi
  • Rak bagasi khusus
  • Toilet luas dengan sensor otomatis
  • Snack dan makanan
  • Selimut 

Dengan fasilitas tersebut, penumpang bisa menikmati perjalanan Jakarta-Yogyakarta (PP) dengan menyenangkan. Segala kemudahan tersebut dipersiapkan untuk meminimalisir kelelahan dan kebosanan selama perjalanan.

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic (via Kumparan)

Jadwal Kereta Api Panoramic

Dengan fasilitas yang bikin ngiler, semua orang pasti ingin menjajal sensasi bepergian di atas kereta api Panoramic. Karenanya, kamu juga perlu tahu waktu keberangkatan moda transportasi ini. Berikut jadwal keberangkatan dari stasiun Yogyakarta dan Stasiun Gambir setiap harinya:

Yogyakarta-Gambir:

1. Berangkat pukul 12.00 WIB, Tiba pukul 19.30 WIB

2. Berangkat pukul 21.40 WIB, Tiba pukul 05.33 WIB

Gambir-Yogyakarta:

1. Berangkat pukul 10.40 WIB, Tiba pukul 18.39 WIB

2. Berangkat pukul 23.45 WIB, Tiba pukul 07.50 WIB

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic (via Kompas)

Cara Pemesanan

Setelah mengetahui harga tiket dan jadwal kereta api Panoramic, catat baik-baik ya. Jangan sampai ketinggalan kereta api pada waktu yang kamu inginkan. Sebagaimana disebutkan di atas, pemesanan tiket bisa dilakukan melali KAI Access atau platform resmi KAI. Berikut langkah-langkahnya:

Aplikasi KAI Access

Setelah download aplikasi KAI Access, pastikan kamu login dengan benar. Jika belum memiliki akun, maka pilih menu untuk mendaftar.

Pilih stasiun asal dan tujuan, lalu tentukan tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang.

Setelahnya, klik “Cari” dan pilih kereta “Taksaka Tambahan Panoramic”, kemudian tekan “Pesan”.

Isi data diri, pilih kursi, dan lakukan pembayaran.

Setelah pembayaran terkonfirmasi, simpan kode booking untuk check-in sebelum berangkat.

Website Platform KAI

Buka https://booking.kai.id/ 

Lakukan proses seperti pemesanan pada aplikasi KAI Access. Simpan kode booking untuk proses check-in di hari keberangkatan.

Demikian ulasan tentang harga tiket dan jadwal kereta api Panoramic yang perlu kamu tahu. Sekarang, kamu bisa melakukan perjalanan menyenangkan tanpa merasa letih dan bosan. Yuk buruan pesan sebelum tanggal 8 Januari 2023!

Harga Tiket dan Jadwal Kereta Api Panoramic (via Kompas)