Savage! 4 Musisi Korea Ini Rilis Lagu Sindiran Buat Sesama Idol, Nomor 3 Kariernya Langsung Redup Padahal Baru Debut

4 Musisi Korea yang merilis lagu sindiran, mulai dari Bobby iKON, Kemy, Tymee hingga Iron.

Banyak musisi K-Pop yang merilis lagu bernuansa diss track atau lagu yang liriknya berisi sindiran yang ditujukan untuk orang lain, termasuk ke stasiun penyiaran. Biasanya, diss track memuat lirik yang penuh dengan kata-kata kasar dan celaan pedas.

Namun ternyata, ada sejumlah musisi yang pernah meluncurkan diss track namun ditujukan untuk rekan sesama idol. Karena ini pula, ada dari mereka yang harus menerima kariernya bermasalah lantaran hujatan. Lantas siapa saja musisi itu? Berikut daftarnya!

1. Bobby iKON

Bobby iKON pernah merilis lagu berjudul YGGR#HipHop. Beberapa lirik di lagu tersebut terdengar seperti menargetkan member boygrup tertentu. Publik kemudian menduga kalau Ravi VIXX adalah target dari lirik tersebut. Terkait hal ini, Ravi merilis lagu balasan yang menanggapi lagu Bobby tersebut.

Namun dalam liriknya, Ravi VIXX mengatakan tidak membenci Bobby iKON karena dia tidak tertarik berkelahi dengannya. Tak hanya itu, pada 2014, Bobby juga pernah ambil bagian dalam lagu Come Here milik Masta Wu. Dalam lagu itu, ada sebuah bait yang dinyanyikan Bobby dan terkesan ditujukan kepada RM.

Di mana dia mereferensikan RM (Rap Monster) dan menyinggung kaca antipeluru. Terkait hal ini, RM pun sempat memberikan balasan. Tapi dia menyatakan tidak ada perasaan sakit hati pada Bobby, karena RM mengungkapkan bahwa dia menganggap itu menghibur daripada sebuah jahat.

RM BTS - Bobby iKON (Koreaboo)

2. Iron

Iron menjadi berita utama setelah merilis lagu System. Hal ini karena lagu tersebut dianggap diss track yang ditujukan untuk G-Dragon dan T.O.P BIGBANG. Iron mengaku tidak setuju melihat bagaimana G-Dragon bisa dengan mudah lepas dari skandal mariyuana berkat bantuan agensi besarnya yakni YG Entertainment.

Dia juga menyinggung T.O.P sebagai orang yang tidak memiliki bakat seiring dengan keputusan untuk terjun ke dunia akting. Terkait hal ini, Iron langsung menuai kritikan tajam hingga membuat kehidupannya turun drastis. Terlebih, dia juga sempat ditangkap polisi karena kasus ganja.

Tak hanya itu, di tahun 2017, Iron kembali ditangkap karena kasus penganiayaan ke pacarnya. Namun kini sosok Iron hanya tinggal kenangan. Pada 25 Januari 2021, Iron ditemukan bersimbah darah di luar apartemennya. Iron dinyatakan meninggal dunia dalam perjalanan menuju ke rumah sakit.

Iron - T.O.P dan GD BIGBANG (Allkpop)

3. Kemy A.KOR

Mirip seperti Iron, karier Kemy yang merupakan personil A.KOR langsung redup setelah merilis diss track yang ditujukan untuk Park Bom di tahun 2014 lalu. Padahal saat itu, grupnya baru debut. Seiring dengan ini, Kemy pun sempat terpaksa membatalkan aktivitas promosi bersama grupnya.

Kemy sendiri menuai kritikan tajam setelah menyinggung soal kasus penyelundupan amfetamin yang menyeret Park Bom. Ketika itu, Park Bom tengah jadi headline karena diduga menyelundupkan tablet amfetamin dari Amerika Serikat. Park Bom sendiri bisa memberi bukti medis yang menunjukkan riwayatnya dengan resep obat.

Namun dalam lagunya, Kemy menyindir bahwa Park Bom lepas kendali karena dia adalah seorang artis dari YG Entertainment. Dia juga menyebut Park Bom terobsesi dengan operasi plastik. Alhasil, Kemy dibanjiri hujatan karena menghina senior yang sudah jauh di atasnya. Grup ini pun tidak pernah pulih nama baiknya usai kejadian itu.

Kemy A.KOR - Park Bom (Kpop Chart)

4. Tymee

Tymee pernah merilis lagu yang menyindir sejumlah rapper idol yang ada di grup K-Pop. Menurutnya, banyak rapper idol yang nge-rap hanya karena mereka bukan vokalis yang hebat. Selain itu, dia juga menyebut rapper idol tidak bisa menulis lirik, di mana hal ini merupakan masalah besar bagi artis HipHop.

Tymee (Soompi)